Nilai Silaturrahmi Dalam Kehidupan

Mashadi – Senin, 4 Rabiul Awwal 1432 H / 7 Februari 2011 15:10 WIB

Oleh Saiful Islam Mubarak pada 27 Januari 2011 jam 5:38

حَدَّثَنِى عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَلاَمٍ قَالَ لَمَّا قَدِمَ النَّبِىُّ
-صلى الله عليه وسلم- الْمَدِينَةَ انْجَفَلَ النَّاسُ قِبَلَهُ وَقِيلَ
قَدْ قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَدْ قَدِمَ رَسُولُ
اللَّهِ قَدْ قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ. ثَلاَثًا فَجِئْتُ فِى النَّاسِ
لأَنْظُرَ فَلَمَّا تَبَيَّنْتُ وَجْهَهُ عَرَفْتُ أَنَّ وَجْهَهُ لَيْسَ
بِوَجْهِ كَذَّابٍ فَكَانَ أَوَّلَ شَىْءٍ سَمِعْتُهُ تَكَلَّمَ بِهِ
أَنْ قَالَ ». يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلاَمَ وَأَطْعِمُوا
الطَّعَامَ وَصِلُوا الأَرْحَامَ وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ
نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ« (سنن ابن ماجه )

Abdullah bin Salam berkata: ketika Nabi Saw tiba di Madinah banyak masyarakat mengerumuninya dan dikatakan: Rasulullah telah tiba, maka aku pun datang di tengah-tengah mereka untuk menatap wajahnya.

setelah terlihat jelas aku mengetahui bahwa wajahnya bukan wajah pembohong. kalimat yang pertama aku dengan dari ucapannya adalah: "hai sekalian manusia, sebarkanlah salam (keselamatan, kedamaian, kerukunan, do’a selamat), berikan makanan, pelihara shilaturrahim dan lakukanlah shalat pada saat manusia sedang tidur. niscaya kamu
sekalian masuk surga dengan salam. (HR. Ibnu Majah)

Banyak pelajaran yang patut kita ambil dari hadis ini, antara lain:

- Abdullah bin Salam semasa masih dalam akidah Yahudi berani bersikap
yang berbeda meski sendirian.

- Orang yang mencari kebenaran tidak pernah ikut-ikutan menilai buruk terhadap seseorang tanpa fakta kendatipun golongannya sepakat menuduh buruk.

- Tuduhan buruk tersebut dipertahankan Yahudi hanya karena untuk membela nafsu belaka.
- Setelah melaihat dengan jelas tampilan Rasulullah, abdulah bin salam menyatakan hal yang seseuai dengan apa yang dia lihat kendatipun harus menghadapi resiko yang berat.

- Rasulullah menyampaikan empat pesan: 3 dari keempat tersebut sangat berhubungan dengan masalah komunikasi masa.

- Sementara satu dari keempat berhubungan dengan komunikasi spiritual.
- Hal itu memberi arti bahwa dalam kehidupan kita ini banyak perbuata yang berhubungan dengan sesama.

- Secara urutan juga mengandung makna: upaya penyebaran kedamaian dengan bersih hati mendoakan orang laian untuk selamat yang disampaikan dengan wajah simpatik akan membuat orang lain yang sedang mencari kebenaran akan merasa sejuk, kendatipun pada mulanya memiliki pandangan yang berbeda karena inlformasi dari pihak lain.

- Memberi makanan adalah salah satu cara yang sangat baik untuk mejalin komunikasi antar sesama meski hanya dengan makanan alakadanya.

- Shilaturrahim tidak diragukan wajib hukumnya baik yang dekat ataupun yang jauh terutama dengan saudara dan karabat. banyak orang terputus hubungan akibat terganggu oleh kepentigan sesaat.

- Untuk terpelihatanya ketiga poin diatas sangat penting menintih dihadapan Yang Mahasucu, berdoa untuk kepentingan bersama. Hal tidak akan terjadi tenpa kebersiah hari dari buruk sangka.

Semoga Allah membimbing kita untuk berbuat yang bermanfaat bagi manusia baik yang berkaitan dengan masalah yang laihir atau batin. Alangkah bahagianya orang yang mendapat nikmat kelapanga dada meski terliahat kekurangan harta dan dijauhi orang kaya, sebab Allah Yang Mahakaya memberi kecukupan baginya untuk berjuang dijalanNya.

Alangkah ruginya orang mendapat kehidupan serba ada namun dia lupa bahwa dia akan masuk ruang sidang di Pengadilan Yang Mahatinggi ya Allah bimbinglah kami menuju ridhoMu. berilah kami nikmat ibadah dengan khusyu’, selamatkanlah kami dari kefaqiran selain padaMu, selamatkan kami dari rasa hina selain di hadapanMu, amankanlah kami
dari rasa takut salain hanya pada-Mu.

MUNAJAT :

Ya Allah hanya bagi-Mu segala puji, Engkaulah yang memperlihatkan kepada kami problem umat yang terus meningkat. Dengan melihat kondisi umat maka kami sadar akan pentingnya mengantarkan keluarga kami untuk menjadi pembawa risalah penerus RasulMu menjadi khaira ummatin yang mengajak manusia menuju ridhoMu.

Ya Allah sungguh banyak orang yang merasa sukses karena mendapat kenikmatan dunia kendatipun mereka terancam dengan kerugian di akhirat akibat mereka tundukan kepada nafsu dan lupa diri di hadapan-Mu, maka tunjukkanlah mereka kejalan yang lurus. Ya Allah banyak sekali orang yang tidak mendapat kenikmatan dunia dan jauh juga dari jalan menuju akhirat.

Ya Allah sungguh Engkau Mahakuasa merubah keadaan mereka. Ya Allah bimbinglah kami dalam mengisi kehidupan ini dan berilah kami kemampuan menguasai kenikmatan dunia untuk kepentingan akhirat dan mengajak orang lain sesuai perintah-Mu yang dicontohkan RasulMu.

Ya Allah perlihatkanlah kepada kami beratnya hisaban akhirat saat kami mendapat kenikmatan duniawi pada diri kami sendiri. Dan perlihatkanlah kepada kami kenikmatan surga yang tak terhingga saat kami melihat kenikmatan dunia pada orang lain. Tanamkanlah dalam qalbu kami keyakinan bahwa kehidupan dunia adalah permainan dan senda gurau pada saat kami menderita karena menghadapi kesulitan, cemoohan, tuduhan atau penyakit dan tanamkanlah dalam qalbu kami rasa tanggung jawab
pada saat menemukan penderitaan tersebut pada orang lain.

Ya Allah tanamkanlah dalam qalbu kami rasa tanggung jawab pada saat kami melihat kenikmatan yang Engkau curahkan pada kami sehingga kami aman dari bahaya rakus karena selalu melihat adanya hisaban yang sangat berat pada kari kemudian. Dan perlihatkanlah kepada kami bahwa kehidupan dunia yang berlimpah pada orang lain hanyalah permainan dan senda gurau yang tidak lama lagi akan punah sehingga qalbu kami selamat dari penyakit thoma’ dan tidak tergiur dengan apa yang mereka
terima.

اللهم أرنا الحق حقا وارزقنا اتباعه وأرنا الباطل باطلا وارزقنا اجتنابه

Ya Allah sungguh jelas al haq itu adalah datang dari Engkau yang membawa manusia menuju ampunanMu. Dan kebatilan datang dari syaitan yang membawa manusia menuju murkaMu.

Ya Allah sungguh banyak para pembela hak mendapat pencemaran nama, fitnah, tuduhan dan acaman bahkan pemboikotan. Mereka itulah para nabi dan ulama yang telah Engkau janjikan surga bagi mereka. Ya Allah sungguh banyak kebatilan yang dikemas yang menarik perhatian, sehingga banyak manusia yang terjebak dan terperangkap di dalamnya tanpa mereka sadari. Ketika diantara mereka ada yang menyadari,
merekapun tidak sanggup meninggalkannya karena takut menghadapi kesulitan ekonomi atau pencemaran nama yang belum pasti.

Ya Allah perlihatkan kepada kami al haq dengan jelas meski dituduh dan dicemari oleh para pembela kebatilan. dan berilah kami keberanian untuk mengambil yang haq meski harus menghadapi resiko yang berat dan berkepanjangan. Sungguh tiada yang berat dan susah dalam masalah yang Engkau ringankan dan mudahkan.

Ya Allah selamatkanlah kami dari kebatilan meski menarik dan manakjubkan bahkan diberi nama dengan nama-nama yang diambil dari alQuran. Sungguh Engkaulah satu-satunya pelindung kami dari berbagai bahaya duniawi dan bahaya hari kemudian.

Ya Allah jauhkanlah kami dari kebatilan dan berilah kami kesabaran untuk menghadapi berbagai fitnah dan tuduhan yang sengaja dilontar para pembela kabatilan dari sejak zaman Adam hingga akhir zaman. Amin

Nasihat Ulama Terbaru

blog comments powered by Disqus