Bekerja Dalam Satu Kata

Redaksi – Sabtu, 22 Rabiul Awwal 1434 H / 2 Februari 2013 11:20 WIB

Pembuat perahu Amerika Serikat memerlukan 16 bulan untuk menyelesaikan sebuah kapal tanker 50 ribu ton. Orang spanyol memerlukan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan perahu yang sama, yaitu 24 bulan. Tetapi pembuat jepang melakukan pekerjaannya hanya dalam waktu 8 bulan.

Apa rahasia keajaiban Jepang ini? Para ahli mengatakan , yang menentukan adalah solidnya kerja tim.

Para pekerja Jepang, dan fungsi manajemennya, bersama dalam kesamaan kata yang penuh. Taka da birokrasi selama dalam proses terdapat pemecahan masalah. Hasilnya adalah produksi barang barang berkualitas tinggi yang sangat mengagumkan dan dalam waktu singkat.

Kekompakan dalam kelompok merupakan suatu yang menjadi bagian dari seluruh budaya dan cara kerja orang Jepang. Baik di rumah maupun di pabrik, dalam lembaga  yang besar maupun yang kecil. Kemauan bekerja sama tampak sebagai sosok yang benar benar membedakan  karakter orang Jepang.

Wiliam Ouchi, ahli tentang jepang, menulis,” Semua kegiatan di Jepang merupakan kegiatan kelompok dan bukan suatu lahan untuk kemuliaan pribadi dan promosi pribadi.”

Rahasia besar Jepang dalam kemajuan bangsa dapat dilacak. Kemauan orang banyak untuk bekerja bersama dengan tata tertib yang baik, merupakan syarat sukses dalam perjuangan. Yang ada dalam sistem ini adalah dimana pribadi mempunyai sedikit kesempatan untuk mewarnai. Ketika pribadi pribadi masih pada arah yang saling berlawanan, akan tak ada kemajuan penting yang akan dibuat .

Jika bekerja merupakan semangat kerja sama, terkoordinir dengan baik dalam organisasi, dan mendapat suasana kecocokan, itulah satu kesatuan yang merupakan kunci sesungguhnya dalam menggapai kesuksesan.

Mereka saja bisa ! apalagi kaum Muslim yang yakin akan kekuasaan Allah !!! – Wahiddin Khan-

Oase Iman Terbaru

blog comments powered by Disqus