Anak Tidak Mau Ditinggal di Sekolah

Wini – Rabu, 16 Syawwal 1432 H / 14 September 2011 08:00 WIB

Assalammualaikum, Nama saya hanan, saya mempunyai anak berumur 4,5thn Sekarang saya mulai memasukan dia di kindy 2×1 minggu. Anak saya selau menagis dikelas saat saya tinggal, dan tidak mau makan disekolahnya. Dia memang agak manja dan cengeng, apa yang harus saya lakukan supaya anak saya tidak terlalu bergantung kepada saya, karena disekolahnya semua anak sudah mandiri (tidak ditungu oleh orang tuanya lagi) Mohon bantuannya…

Terima kasih

Hanan

Jawab:

Assalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, pak Hanan yang dicintai Allah.

Pak,  Mengenai anak bapak yang tidak mau masuk sekolah dan masih manja, saran saya jangan diperhatikan kemanjaannya tersebut, sebaiknya langsung saja dimasukkan kedalam sekolah, dan pura-pura itu bukan masalah. Memang tahap awal akan menangis namun lama-lama akan terbiasa, dan syaratnya itu ada diorang tua, orang tua harus tega.

Lepas saja pak, dan serahkan pada sang guru, nanti ketika dia sudah terbiasa dan asyik sendiri dengan pekerjaan yang diberikan sang guru dan sedikit demi sedikit sudah memiliki kawan, insyaAllah, dia akan tidak menangis lagi. Jadi tetap saja masukkan ke sekolah dan biarkan dia disekolah tanpa ditunggui meski anak menangis dan merajuk. Namun ketika dirumah tidak usah diungkit soal dia menangis biasa saja dan peluk cium setelah dia ada dirumah. Demikian yang bisa saya sharing semoga bermanfat dan mendatangkan kebaikan bagi bapak dan anak-anak dirumah, salam buat ibu, wassalammu’alaikum Wr.Wb.

 

 

 

Konsultasi Pendidikan & Keluarga Terbaru

blog comments powered by Disqus