Pesan Illahi dalam Waktu Gempa Padang

Agung Budiono – Senin, 16 Syawwal 1430 H / 5 Oktober 2009 14:16 WIB

Subhanallah. Sungguh di balik semua kejadian ada hikmah di baliknya. Begitupun gempa yang meluluhlantakkan Kota Padang dan sekitarnya.

Jika kita telusuri waktu terjadinya gempa Padang, berdasar catatan waktu kejadian yang dilansir Kompas, 1 Oktober 2009 bahwa gempa pertama terjadi pada pukul 17.16 WIB. Sedangkan gempa susulan terjadi pada pukul 17.38.

Saudara, marilah sejenak kita cermati dalam Al Qur’an. Jam menunjukkan nama surat, dan menit menunjukkan ayat. Jika kebetulan Al Qur’an terjemahan yang dilihat adalah terbitan Asy Syamil maka akan jelas alur pesan-pesan Illahi tersebut.

Dalam sudut pandang kausalitas, sebab-akibat, waktu gempa pertama menunjukkan Akibat (QS. 17:16) dan waktu gempa susulan menunjukkan Sebab (alasan terjadi)–(QS. 17:38).

Dalam Surat Al Isra’ ayat 38 ini pada catatan kaki, diterangkan uraian-uraian "kejahatan" manusia yang kita sadari wujud dan intensitasnya makin sering kita temui di tengah masyarakat kita.

Ala kulihal, marilah kita renungkan pesan Illahi tersebut. Mengapa Padang? Saya yakin, mereka para korban baik yang meninggal maupun keluarga yang ditinggalkan adalah pihak-pihak yang dipilih Allah. Mereka adalah orang-orang yang kuat, tabah dan sabar. Allah tidak akan menimpakan cobaan melebihi kemampuan umat-Nya.

Dus, untuk terakhir kalinya, mari kita doakan mereka yang telah menjadi korban dan bangun solidaritas sekemampuan kita.

Wallahu’alam bishawab.

Agung Budiono

Suara Pembaca Terbaru

blog comments powered by Disqus