Wafat dan Lahir Nabi Muhammbad SAW

Zulfitri – Senin, 10 Zulhijjah 1426 H / 9 Januari 2006 13:34 WIB

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ustadz yang dimuliakan 4JJ1 SWT, saya mau tanya tanggal lahir dan wafatnya Rosul 4JJ1 SWT yang mulia ini berdasarkan tahun Masehi atau Hijriyah. Jazakallah

Wassalam

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wbarakatuh,

Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Yang paling populer dari waktu kelahiran nabi memang tanggal 12 Rabiul Awal, pada malam Senin tahun 53 sebelum Hijrah. Artinya, beliau SAW dilahirkan 53 tahun sebelum terjadinya hijrah nabi dari Makkah ke Madinah.

Mengenai angka tahun secara masehi tentang kapan Nabi Muhammad SAW dilahirkan, beberapa ahli berlainan pendapat. Sebagian besar mengatakan pada Tahun Gajah (570 Masehi). Ibn Abbas mengatakan ia dilahirkan pada Tahun Gajah itu. Yang lain berpendapat kelahirannya itu limabelas tahun sebelum peristiwa gajah.

Selanjutnya ada yang mengatakan ia dilahirkan beberapa hari atau beberapa bulan atau juga beberapa tahun sesudah Tahun Gajah. Ada yang menaksir tiga puluh tahun, dan ada juga yang menaksir sampai tujuh puluh tahun.

Juga para ahli berlainan pendapat mengenai bulan kelahirannya. Sebagian besar mengatakan ia dilahirkan bulan Rabiul Awal. Ada yang berkata lahir dalam bulan Muharam, yang lain berpendapat dalam bulan Safar, sebagian lagi menyatakan dalam bulan Rajab, sementara yang lain mengatakan dalam bulan Ramadhan.

Kelainan pendapat itu juga mengenai hari bulan ia dilahirkan. Satu pendapat mengatakan pada malam kedua Rabiul Awal, atau malam kedelapan, atau kesembilan. Tetapi pada umumnya mengatakan, bahwa dia dilahirkan pada tanggal duabelas Rabiul Awal. Ini adalah pendapat Ibn Ishaq dan yang lain.

Selanjutnya terdapat perbedaan pendapat mengenai waktu kelahirannya, yaitu siang atau malam, demikian juga mengenai tempat kelahirannya di Mekah. Caussin de Perceval dalam Essai sur l’Histoire des Arabes menyatakan, bahwa Muhammad dilahirkan bulan Agustus 570, yakni Tahun Gajah, dan bahwa dia dilahirkan di Makkah di rumah kakeknya Abd’l-Muttalib.

Wafatnya Nabi Muhammad SAW

Sedangkan tentang angka tahun wafat Rasulullah SAW adalah pada bulan Juni tahun 632 M. Hari itu bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal tahun 11 Hijrah. Ini adalah versi yang paling populer dari sejarah angka tahun wafatnya beliau SAW

Wallahu a’lam bishshawab Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wbarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc.

Umum Terbaru

blog comments powered by Disqus