free hit counters
 

Jangan Larang Anak Bermain, Ini Alasannya…

Eramuslim – Bermain adalah kegiatan yang penting buat anak-anak, bukan cuma untuk menghibur diri atau menghabiskan waktu. Tetapi juga berpengaruh untuk tumbuh kembang mereka.

Psikolog Anna Surti Ariani menjelaskan, berdasarkan banyak penelitian dan saran dari pakar, proses bermain justru bisa menumbuhkan kemampuan yang tak didapat anak saat mempelajari hal-hal akademis. Ia mencontohkan, anak mendapatkan wawasan baru ketika bertengkar dengan temannya saat sedang bermain.

“Dia punya ide bagaimana caranya menyelesaikan masalah,” kata Anna dalam acara virtual #MainYuk Dari Rumah bareng Paddle Pop, Rabu (22/7).

Sejumlah anak bermain layang-layang di di Taman Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Jakarta Selatan, Sabtu (10/1). TPU tersebut dimanfaatkan sebagai lahan bermain bagi sejumlah anak yang tinggal di sekitar pemakaman itu. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/pd/15

Interaksi dengan teman-temannya saat bermain dapat mengasah kemampuan sosial anak. Manfaat lain dari bermain adalah membentuk anak menjadi sosok yang lebih percaya diri. Ketika anak berhasil menyelesaikan sesuatu saat bermain, tumbuh kepuasan karena dia bisa sukses merampungkan suatu hal. Contohnya, anak berhasil membuat menara yang lebih tinggi dari permainan sebelumnya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Muslimah Terbaru