free hit counters
 

Ganjaran Merawat dan Mendidik Anak Perempuan

Eramuslim – Memiliki anak perempuan pada masa sebelum kedatangan Islam seringkali dikaitkan sebagai sumber aib, bahkan tidak sedikit yang dikubur hidup-hidup. Kemudian Nabi Muhammad datang untuk meluruskan kesalahan besar ini dan menyebut berbagai kelebihan yang didapat orang tua jika merawat anak perempuan.

Dalam berbagai hadist Nabi Muhammad bahkan menjelaskan anak perempuan datang dengan pahala dan berkah yang besar.  Berikut beberapa keutamaan merawat anak perempuan jika diasuh dengan perhatian, cinta, dukungan, hingga pendidikan dalam Islam.

1. Dinanti surga

Diriwayatkan Abdullah ibn Abbas, Nabi Muhammad bersabda yang artinya: “Jika seseorang memiliki anak perempuan, dan tidak menguburkannya hidup-hidup, atau merendahkannya, atau lebih memilih anak laki-laki daripada dia, Allah akan membawanya ke surga.” (Ahmad, disahkan oleh Al-Hakim, dinilai Hasan oleh Ahmad Shakir)



Jabir ibn Abdullah meriwayatkan Nabi Muhammad bersabda yang artinya:

Siapa pun yang memiliki tiga anak perempuan dan dia menampung mereka, menunjukkan belas kasihan kepada mereka, dan mendukung mereka, Surga pasti dijamin untuknya,

Karena itu, seseorang bertanya kepada Nabi, bagaimana jika mereka hanya dua putri. Dia menjawab, “[Dia mendapat pahala itu,] meskipun mereka [hanya] dua.”

Beberapa dari mereka yang hadir percaya bahwa jika Nabi ditanya tentang hanya satu anak perempuan, dia akan menjawab bahwa pahala itu juga berlaku.  (Disahihkan juga oleh Al-Albani)

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Muslimah Terbaru