free hit counters
 

Ini Amalan Mempermudah Hafalan untuk Para Santri

Eramuslim – Santri yang belajar di pondok pesantren biasanya dituntut untuk menghafal alquran dan kitab-kitab kuning. Hal ini tentu jadi kewajiban yang berat bagi para santri.

Menghafal Alquran dan kitab kuning bukanlah hal yang mudah bagi para santri. Ini tak semudah mengingat lirik-lirik lagu.

Lalu bagaimana caranya supaya santri mudah menghafal?

Dikutip dari website Pondok Pesantren Darunnajah, Serang, Banten, terdapat tiga amalan untuk membantu memperlancar menghafal Alquran maupun kitab kuning, antara lain:

1. Menghindari Maksiat

Meskipun tinggal di pesantren, berbuat maksiat itu tidak dipungkiri bisa terjadi. Namun, maksiat di sini bukan berbuat macam-macam dengan lawan jenis. Misalnya saja mem-bully teman. Seperti pepatah arab mengatakan,



شَكَوْتُ إلَى وَكِيعٍ سُوءَ حِفْظِي, فَأرْشَدَنِي إلَى تَرْكِ المعَاصي. وَأخْبَرَنِي بأَنَّ العِلْمَ نُورٌ, ونورُ الله لا يهدى لعاصي.

Saya telah mengadukan kepada imam Waki’, tentang buruknya hafalanku. Lalu beliau memberi nasehat kepadaku agar meninggalkan segala macam maksiat, karena bahwasanya hafal ilmu itu adalah cahaya (karunia), dan cahaya Allah itu tidak akan dihadiahkan kepada orang-orang yang berbuat maksiat.”

2. Memperbanyak ibadah

Kemudian, untuk bisa lancar menghafal dengan cara memperbanyak ibadah, yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT. Seperti salat, mengaji, puasa, hingga sering membaca Alquran. Hal tersebut akan mempermudah santri menghafal semua tugas dari kiainya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Muslimah Terbaru

blog comments powered by Disqus