free hit counters
 

Islamic Parenting: Dirimu Menentukan Anak-anakmu

Eramuslim – SAAT membaca surat an-Nisa’ ayat 9, saya terlarut dalam perenungan panjang yang mengantarkan saya pada sebuah kesimpulan betapa Allah sangat memotivasi semua orang tua untuk peduli akan masa depan anak-anaknya.

Sebenarnya bukan hanya satu ayat diatas itu yang berbicara tentang relasi orang tua anak, ada banyak ayat lainnya. QS an-Nisa ayat 9 itu adalah sebagai berikut: “Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar.” (QS. An-Nisa’ 4: Ayat 9)

Para orang tua harus semangat membentuk generasi pelanjut yang kuat, tidak lemah, serta cerdas, tidak bodoh. Lemah tidaknya generasi adalah sangat berkaitan dengan ketakwaan orang tuanya. Lebih dari itu, juga berkaitan dengan sikap hidup orang tua. Demikian yang bisa kita simpulkan dari ayat di atas.

Kesalehan orang tua sungguh sangat besar pengaruhnya pada masa depan anak. Penelitian menunjukkan bahwa 48 persen kebahagiaan anak adalah ditentukan oleh faktor orang tua. Sangat wajar dan layak diteladani apa yang dilakukan oleh sahabat bernama Ibnu Mas’ud, bahwa setiap kali beribadah di malam hari beliau memandang wajah anaknya sambil berkata: “Ini adalah demi kamu anakku.”

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Muslimah Terbaru

blog comments powered by Disqus