free hit counters
 

12 Langkah Mencetak Anak Saleh

Eramuslim – TANPA peduli status sosial, siapapun bisa mendapatkan anak saleh. Syaratnya hanya satu: kesungguhan orangtua mendidik anak. “Man jadda wa jadda, barang siapa bersungguh-sungguh pasti bisa (terwujud),” kata pepatah.

Lalu apa langkah nyata mencetak anak saleh? Beberapa ahli pendidikan percaya 12 langkah berikut bakal membantu orangtua menggapai keinginannya:

1. Berusahalah selalu memberi yang halal dan thoyyib (baik), baik makanan dan pakaian terhadap anak Anda. Hal ini adalah syarat utama untuk mendapatkan anak saleh.



2. Sebisa mungkin membiasakan diri untuk berkata lembut, pelan dan menyiratkan kasih sayang saat berbicara dengan anak. Untuk itu pilihlah kata-kata yang tepat dan menggunakan panggilan yang menyenangkan; seperti anakku sayang, anak yang baik, pintar, atau sebut anak dengan anak saleh.

3. Sebisa mungkin untuk sering mengekspresikan rasa sayang dan cinta terhadap anak dengan pelukan, mencium (kening atau pipi), mengelus kepala, juga memandang anak dengan pandangan hangat yang diiringi senyum.

4. Memperhatikan dan sesekali mengecek barang-barang serta kamar anak, diiringi penjelasan bahwa apa yang Anda lakukan semata-mata bukan karena tidak percaya pada anak. Tetapi demi keamanan anak. Dan tentang masalah sehari-hari anak, ajak mereka bicara, atau berusahalah menjadi teman yang menjaga kepercayaannya, sehingga anak menjadi pribadi terbuka terhadap orangtua.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

loading...

Qur'anic Parenting Terbaru