free hit counters
 

Ustadz Dhanu: Jangan Suka Membanding-Bandingkan Anak

Eramuslim – Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, pepatah tersebut pasti sering Anda dengar. Pepatah itu menunjukkan kalau anak cerminan dari orangtuanya. Hal ini diungkapkan oleh dai kondang Ustadz Dhanu.

Dikutip dari Youtube MNCTV Official dalam acara Siraman Qolbu, Ustadz Dhanu mengatakan, anak merupakan ujian yang diberikan Allah SWT untuk orangtuanya. Apa yang dilakukan sehari-hari orangtuanya dulu, saat punya anak maka anaknya tak akan keluar dari garis itu, baik keburukan atau kebaikan orangtuanya akan jatuh ke anaknya.

“Jadi anak itu ujian karena cerminan dirinya. Kalau ada anaknya yang baik jangan bangga. Misal anaknya tanpa belajar nilainya bagus, dari SD, SMP, SMA, kuliah tak membutuhkan biaya dari orangtuanya karena pintar,” terang Ustdaz Dhanu.



Sedangkan anak satunya kurang, dari SMP, SMA, kuliah selalu saja menyusahkan. Meski kondisinya demikian, anak yang baik dan anak yang kurang tak boleh dibedakan, apalagi sampai dibanding-bandingkan.

“Kalau anaknya kurang jangan dibanding-bandingkan, enggak boleh. Nanti akan jadi marah,” ujarnya.

Orang tua itu harus belajar. Kehidupan di dunia itu hanya ujian, ujian ini harus dihadapi dengan akidah yang baik dan benar. Ada Alquran, hadist, sunah Rasul bisa dijadikan sumber pelajaran. “Kita juga bisa mencontoh akhlak Rasul.”

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Qur'anic Parenting Terbaru