Konsultasi Arsitektur : Renovasi Hemat Dengan Menyambung Lantai 2

bangunrumah123
bangunrumah123

Eramuslim.com – Assalaamu’alaikum wr wb,

Saya ingin merenovasi rumah orang tua . Kondisi sekarang sudah 2 lantai , namun belum penuh. Data – data saya lampirkan.

Di atas saya ingin ada 2 ruang tidur, perpustakaan, kamar mandi, gudang, ruang cuci jemur, ruang duduk dan void ke bawah.

Untuk rumah lama saya ingin ada ruang keluarga yang besar sekali , bergabung dengan ruang makan dan dapur. Ruang tamu yang terpisah, lalu carport lama yang terpisah ingin saya gabungkan  jadi satu area.

Di bawah saya ingin ruang tidur untuk orang tua yang lega. Nyaman dan cukup untuk tempat tidur yang besar seperti pada artikel ini :

http://www.eramuslim.com/konsultasi/arsitektur/eramuslim-joglosemar-menata-kamar-tidur-cantik.htm#.U_-uaGOWHM8

Ruang tidur di depan saya ingin tetap ada. Bisa digunakan untuk ruang tidur tamu atau ruang tidur buat anak yang masih kecil.

Di belakang dan depan saya masih ingin ada taman sedikit. Untuk meletakkan bunga – bunga orang tua saya dan rumput yang segar. Hingga rumah tetap sejuk.

Demikian pertanyaan saya. Terima kasih atas tanggapannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Fadhlan
Wa’alaikum salam wrwb

Mas Fadhlan yang saya hormati, titik utama desain ini adalah sambungan rumah lama dan rumah baru. Sambungan tersebut ada di lantai 2. Untuk itu kita harus fokus pada pola penyambungannya. Agar renovasi nya menjadi hemat biaya.

bangunrumah123
bangunrumah123

2 ruang tidur di bawah saya jadikan pola dasar disain untuk 2 ruang tidur di atas. Hingga di tengah – tengah nya bisa kita letakkan kamar mandi yang mengikuti juga pola kamar mandi lantai dasar.

bangunrumah123
bangunrumah123

Pola ini akan membentuk perpaduan atap lantai satu dan lantai 2 yang cantik. Bentuk ini juga mirip dengan rumah Pak Hasim pada artikel berikut ini :

http://www.eramuslim.com/konsultasi/arsitektur/renovasi-hemat-rumah-sudut-2.htm#.U_-yR2OWHM8

Teras depan saya pepetkan ke sisi kanan, sekaligus dijadikan tiang untuk penopang kamar tidur lantai 2 yang ada di depan. Pola ini akan membentuk fasad rumah yang indah. Karena ia akan timbul menyembul sendiri di area depan. Tampil sebagai eye cathcing.

Carport saya satukan di sisi kiri. Lalu teras bangunan lama saya hilangkan agar tidak mengganggu sirkulasi mobil dan kendaraan lainnya. Hingga dapur masih terasa lapang dan ruang tamu juga jadi mudah di akses.

Ruang tengah menjadi semakin lapang setelah tembok ruang tidur belakang saya bongkar. Area service lapang dan nyaman, karena menyatu dengan ruang keluarga dan ruang makan. Untuk privasi kita bisa membuat sekat pantry atau meja mini bar.

bangunrumah123
bangunrumah123

Taman di belakang masih saya sisakan untuk cahaya ke ruang tidur. Lalu ruang tidur lama di belakang tetap saya pertahankan. Karena keinginan Mas Fadhlan untuk meletakkan tempat tidur yang besar sebenarnya sudah terpenuhi di area ini. Ia sudah cukup luas, apalagi ada kamar mandi dalam yang cukup besar.

Nah, alhamdulillah selesai sudah desain kita kali ini. Semoga rumah nya bisa menjadi berkah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

bangunrumah123
bangunrumah123
bangunrumah123
bangunrumah123

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Ir. Andan Nadriasta

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur atau klik : www.bangunrumah123.com/

Untuk Order desain/Pelaksanaan email ke : brocons123@gmail.com