9 Fakta Tersembunyi Masjid Amr bin Ash (Mesir) Bag.I

Eramuslim – Jika kita berkesempatan mengunjungi Mesir, kita tentunya akan berkunjung ke Masjid Al Azhar yang menjadi salah satu simbol utama penyebaran Islam, baik di dataran Afrika maupun dunia secara umum.

Akan tetapi tahukah kita bahwa Masjid pertama yang didirikan di Mesir dan Afrika bukanlah Masjid Al Azhar, melainkan Masjid Amr bin Ash? Berikut 2 dari 10 fakta Masjid Amr bin Ash:

Masjid Pertama

Masjid Amr bin Ash adalah Masjid pertama yang dibangun tidak hanya di Mesir tetapi di seluruh Afrika. Masjid yang terletak di kota Fustat ini mulai dibangun pada tahun 21 Hijriyah atau sekitar tahun 642 Masehi.

Pada awalnya Masjid Amr bin Ash dikenal dengan nama “Masjid Mahkota” atau “Masjid Tua” karena umurnya terkait penyebaran Islam di Mesir dan Benua Afrika.

Menghadap Sungai Nil

Di awal kontruksi pembangunannya Masjid Amr bin Ash menghadap ke sungai Nil, kisah ini jarang diketahui banyak orang bahkan para sejarawan.

Ukuran luas pertama kali Masjid Amr bin Ash adalah 30 kali 50 hasta dengan kontruksi sederhana tanpa adanya bangunan menara, mimbar ataupun dinding berukir seperti saat ini. (Almasryalyoum/Ram)