10 Penemuan Ilmuan Muslim Yang Masih Digunakan Hingga Saat Ini (Bag.I)

Eramuslim – Ada banyak penemuan Muslim yang mengejutkan dunia dan bahkan masih dipakai hingga saat ini. Mulai dari Ibnu Sina yang sangat berjasa pada bidang kedokteran, hingga teori Big Bang yang baru bisa dibuktikan pada abad moderen seperti sekarang ini.

Lalu panemuan ilmuan Muslim apa saja yang masih digunakan? Berikut ulasannya;

  1. Kopi

Lebih dari dua ratus tahun yang lalu, orang-orang yang bekerja keras telah berjuang untuk tetap terjaga tanpa stimulan ini, sampai ada kawanan kambing yang penasaran dan tuan mereka yang waspada.

Seorang Arab bernama Khalid, menemukan zat sederhana namun berarti bagi hidup ini. Saat kambingnya merumput di lereng Ethiopia, dia menyadari bahwa mereka telah menjadi hidup dan bersemangat setelah makan buah ‘berry’ tertentu. Alih-alih hanya memakan buah beri mereka diambil dan direbus untuk menciptakan “al-qahwa”.

  1. Jam

Seorang ilmuan Muslim cerdik yang disebut al-Jazari dari Diyarbakir di Turki Tenggara merupakan seorang Muslim yang saleh dan seorang insinyur yang sangat terampil yang melahirkan konsep mesin otomatis.

Pada tahun 1206, al-Jazari telah membuat banyak jam dari segala bentuk dan ukuran. Sama seperti kita

Jam gajah karya Al Kindi

membutuhkan waktu hari ini untuk menyusun kehidupan kita, demikian juga Muslim di atas tujuh ratus tahun yang lalu.

Al-Jazari berpegang pada tradisi pembuatan jam tangan Muslim yang panjang. Mereka tahu penting untuk mengetahui waktunya sehingga bisa digunakan dengan baik melalui perbuatan baik: mengetahui kapan harus sholat pada waktu yang tepat setiap hari dan mengumumkan seruan untuk sholat di masjid. (Rol/Ram)