10 Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Masih Digunakan Hingga Saat Ini (Bag.IV)

Eramuslim – Selain ibnu Sina, masih banyak ilmuan Muslim yang berjasa dalam bidang kesehatan dan kedokteran yang hingga saat ini masih menjadi rujukan oleh kedokteran moderan.

Siapa ilmuan Muslim yang dimaksud? Berikut 2 dari 10 peninggalan ilmuan Muslim yang berlaku hingga sekarang ini;

  1. Instrumen Bedah

Jika kita melakukan perjalanan kembali ke abad ke-10, kita bisa melihat melewati bahu sebuah operasi mutakhir yang disebut Abul Qasim Khalaf ibn al-Abbad al-Zahrawi, seorang pria yang dikenal di Barat sebagai Abulcasis.

Dikenal sebagai penulis Abulcasis, ensiklopedia medisnya mencakup sebuah risalah berjudul “On Surgery”.  Abulcasis mengumpulkan lebih dari dua ratus alat bedah. Menggunakan instrumen untuk operasi adalah konsep revolusioner karena memungkinkan sains berubah dari spekulatif menjadi sesuatu yang eksperimental.

Inilah risalah pertama dalam sejarah kedokteran untuk menggambarkan penggunaan instrumen bedah. Sebenarnya, desain mereka sangat akurat sehingga hanya beberapa perubahan dalam milenium. Ilustrasi inilah yang meletakkan dasar operasi di Eropa.

  1. Peta

Peta telah membantu orang menemukan jalan mereka selama sekitar 3.500 tahun, yang paling awal ada di tablet tanah liat. Pengenalan kertas merupakan lompatan besar dalam pembuatan peta.