free hit counters
 

13 Maret in History: Duka Ramadhan, 500 Orang Tewas Akibat Gempa Turki

zahid – Selasa, 24 Jumadil Akhir 1439 H / 13 Maret 2018 18:30 WIB

Eramuslim – Umat Muslim di dunia berduka saat gempa berkekuatan 6,8 Skala Richter (SR) mengguncang Turki pada hari ini di tahun 1992. Setidaknya 500 orang tewas dan 50 ribu orang kehilangan tempat tinggal akibat gempa yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

Gempa terjadi di dekat Erzincan, Turki, pada Jumat malam. Saat itu kebanyakan orang di Erzincan dan daerah sekitarnya sedang duduk untuk makan malam. Guncangan kuat terjadi selama 17 detik itu dimulai pukul 07:19 waktu setempat, yang disusul dengan bangunan runtuh dan listrik padam.

Gempa dahsyat ini kemudian diikuti dengan gempa susulan yang luar biasa kuat dua hari kemudian.

Salah satu korban gempa adalah menara di atas Masjid Demirkent yang terjungkal dan terjatuh, menewaskan 27 orang. Hotel Uratu dan Pusat Bisnis Vakif, yang tingginya empat lantai, benar-benar dihancurkan oleh getaran. Beberapa gedung apartemen tinggi juga roboh karena gempa tersebut.

Sekitar 200 bangunan besar lainnya hancur, selain ratusan rumah. Orang-orang yang selamat berhasil keluar ke jalan-jalan gelap. Mereka mencari lampu isyarat, sehingga usaha penyelamatan bisa dimulai. Tapi sedikit yang bisa dilakukan sampai cukup cahaya pada keesokan harinya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Terbaru

blog comments powered by Disqus