Tanggal 14 Ramadhan Dalam Lintasan Sejarah

sultan TomanbayEramuslim – Tanggal 14 Ramadhan telah menjadi saksi penting bagi kemajuan peradaban Islam, setelah seorang tokoh Muslim diangkat menjadi seorang Raja untuk memerintah Mesir dan membawanya menjadi pusat peradaban dunia.

Siapakah tokoh yang dimaksud?

Tumanbay Diangkat menjadi Raja di Mesir

Tepat pada tanggal 14 Ramadhan tahun 922 Hijriyah atau yang bertepatan dengan bulan Oktober tahun 1416 Masehi, Tumanbay yang merupakan raja terakhir dari dinasti Mamlukiyah diangkat menjadi raja pada umur 40 tahun menggantikan ayahnya Sultan Almamluki yang tewas dalam pertempuran Marag Dabaq.

Diangkatnya Sultan Hassan bin Nasser Mohammed Qolawan

Memiliki nama lengkap Annaser Abu Alma’ali Hasan bin Naser Muhammad bin Qolawan, Sultan Hassan bin Nasser Mohammed Qolawan lahir pada tahun 735 Hijriyah atau yang bersamaan dengan 1334 Masehi.

Menjadi raja pada usia 13 tahun, Sultan Hassan bin Nasser Mohammed Qolawan yang belum mengerti mengenai ketatanegaraan harus dipenjara pada tahun 752 Hijriyah sampai kemudian dikembalikan lagi tahtanya ditahun 755 Hijriyah.

Selama didalam penjara, Sultan Hassan bin Nasser Mohammed Qolawan banyak belajar mengenai negara dan ilmunya sehingga ketika keluar menjabat kembali sebagai sultan, Hassan bin Nasser Mohammed Qolawan menjadi raja yang bijak dan banyak mendirikan majelis ilmu. (Almasryalyoum/Ram)