Tanggal 15 Ramadhan Dalam Lintasan Sejarah

Eramuslim – Tanggal 15 Ramadhan menjadi saksi lahirnya cucu Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam, Hasan bin Ali bin Abi Thalib, pada tahun 3 Hijriyah atau yang bertepatan dengan tahun 625 Masehi.

peta wilayah Ain JalutHasan dan adiknya Husein bin Ali adalah cucu dari anak perempuan nabi Sayyidah Fatimah Azzahra, yang dinikahkan dengan sahabat Ali bin Abi Thalib.

Dimakamkan di Baqi kota Madinah Al Munawwarah, Hasan bin Ali bin Abi Thalib wafat pada 7 Safar 50 Hijriyah atau yang bertepatan dengan tahun 670 Masehi.

Pertempuran Ain Jalut

Tanggal 15 Ramadhan juga menjadi saksi sejarah yang mencatat kemenangan pertama umat Muslim terhadap tentara Mongol di wilayah Ain Jalur, Palestina.

Kemenangan pertama umat Islam yang dipimpin oleh Sultan Saifuddin Al Quttuz untuk menghentikan laju pasukan Mongol menguasai Mesir, setelah berhasil menaklukan Baghdad dan pusat kekhilafahan umat Islam di Irak.

Kedua belah pihak berkemah di tanah suci Palestina pada bulan Juli 1260 dan akhirnya berhadapan di Ain Jalut pada tanggal 3 September dengan kekuatan yang hampir sama yaitu ± 20.000 tentara. Taktik yang dipakai oleh panglima Baibars adalah dengan memancing keluar pasukan berkuda Mongol yang terkenal hebat sekaligus kejam kearah lembah sempit sehingga terjebak baru kemudian pasukan kuda mereka melakukan serangan balik dengan kekuatan penuh yang sebelumnya memang sudah bersembunyi di dekat lembah tersebut.

Akhirnya taktik ini menuai sukses besar. Pihak Mongol terpaksa mundur dalam kekacauan bahkan panglima perang mereka, Kitbuqa berhasil ditawan dan akhirnya dieksekusi. Perlu dicatat bahwa pasukan berkuda Bani Mameluk secara meyakinkan berhasil mengalahkan pasukan berkuda Mongol yang belum pernah terkalahkan sebelumnya. (Almasryalyoum/Ram)