19 April in History; Satu Tahun Kemenangan Anies-Sandi

Eramuslim – Tepat di tanggal ini, 1 tahun lalu, warga DKI Jakarta memiliki Gubernur baru yang lebih sopan dalam bertutur kata. Di tanggal 19 April 2017, warga DKI berbondong-bondong ke TPS untuk memilih Anis-Sandi sebagai pemimpin baru Ibukota.

Pilkada DKI Jakarta 2017 dilangsungkan sebanyak 2 gelombang setelah pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi tidak mampu memperoleh 50+1 persen suara. Pasangan AHY-Sylviana harus tersingkir di putaran pertama setelah memperoleh suara paling sedikit diantara 3 calon pasangan.

Dan hasilnya pasangan Anies-Sandi jauh telak mengungguli petahana Ahok-Djarot dengan perolehan suara 57,96% melawan 42,04%.

Menanggapi kemenangan tersebut, Gubernur DKI Anies Baswedan yang belum dilantik  merasa terharu dengan banyaknya warga yang ikut merasakan kemenangannya dan menggelar acara syukuran.

“Kami merasa terharu betapa banyak warga yang merasakan ini sebagai bagian dari pemenangan mereka,” kata Anies di Jalan Albarkah I, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (23/4/2017), lansir Detik.

Menurut Anies, arti syukuran warga tersebut adalah adanya amanat besar yang diberikan kepadanya. “Karena itu supaya bisa istiqomah bisa menjalankan amanah ini dengan baik dan insya Allah bisa memenuhi harapan warga Jakarta,” ujarnya. (wkpdi/dtk/ram)