free hit counters
 

2 Juta Warga Sudan Mengungsi Akibat Konflik Darfur

zahid – Selasa, 12 Safar 1435 H / 17 Desember 2013 13:43 WIB

SUDAN-DARFUR-UNRESTSeorang pejabat senior di PBB pada hari Senin kemarin menyatakan bahwa sekitar dua juta orang mengungsi akibat konflik di wilayah Darfur, Sudan barat, akibat konflik bersenjata.

Pejabat PBB Ali Zaatari di kota El Fasher mengatakan” sekitar 1,9 juta orang warga Sudan melarikan diri dari tempat tinggal mereka, dan dan ada sekitar 1,3 juta orang lainnya mengalami krisis kemanusiaan akibat bencana kelaparan.”

Ali menambahkan “pemberontak  menolak perjanjian damai yang ditandatangani di Qatar tahun 2011 antara rezim Sudan dengan  mereka. Dan ada sekitar 3,2 juta warga Sudan di kota Darfur membutuhkan bantuan kemanusiaan.”

Suku-suku yang dipersenjatai oleh pemerintah Sudan untuk melawan para pemberontak sejak 10 tahun lalu, kini mereka saling memperebutkan kekuasaan di Darfur.

Sejak meletusnya konflik Darfur pada 2003 lalu, sedikitnya 300 ribu orang tewas akibat bentrokan bersenjata antara pasukan pemerintah dan suku-suku bersenjata dengan pemberontak Sudan. (skynewsarabia/lndk)

Berita Terbaru

blog comments powered by Disqus