2 Kapal Induk Nuklir AS Muncul di LCS, China Cuma Bisa Dongkol

Eramuslim.com – Dua kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) hari ini terlihat menggelar latihan militer di sekitar Laut China Selatan. Dua kapal induk yang terlihat di jalur panas itu adalah USS Nimitz dan USS Ronald Reagan.

Munculnya dua kapal induk AS itu telah menggegerkan Indo-Pasific. Sebab, kemunculan dua kapal induk AS itu terjadi setelah Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) menggelar latihan militer di Kepulauan Paracel pada tanggal 1-5 Juli lalu. Kegiatan latihan militer yang digelar pasukan Xi Jinping itu pun sempat mendapatkan protes keras dari sejumlah negara di ASEAN. Dua negera yang protes keras adalah Vietnam dan Filipina.

Vietnam menuding kegiatan latihan militer di Kepulauan Paracel yang masuk dalam sengketa wilayah dengan Vietnam itu merupakan salah satu bentuk invasi yang dilakukan oleh militer China dalam memperkuat klaim atas kepemilikan Laut China Selatan.

Protes atas latihan militer China itu juga telah mendapatkan kecaman dari Amerika Serikat. Departemen Pertahanan AS mengatakan, latihan militer yang dilakukan China telah melanggar komitmen China atas Deklarasi 2002 tentang Perilaku Para Pihak di Laut China Selatan. Sehingga Pentagon mendesak China untuk mengurangi militerisasi dan paksaan atas klaim maritim di wilayah Laut China Selatan kepada para tetangganya di perairan.

“Tindakan China akan semakin mengganggu kestabilan situasi di Laut Cina Selatan,” kata Departemen Pertahanan AS dikutip pada Sabtu, 4 Juni 2020.