2 Temuan Ilmuwan Muslim yang Digunakan Hingga Saat Ini

Eramuslim – MUDAHNYA kehidupan di zaman modern ini tak lepas dari benda-benda yang mempermudah aktivitas kita. Ada beragam benda yang tentunya telah melalui tahap penyempurnaan hingga berhasil dimanfaatkan saat ini.

Ternyata, beberapa benda yang kita pakai sehari-hari, ada peran ilmuwan muslim di dalamnya. Mereka menemukan benda-benda yang kemudian membantu kita menjalani kehidupan sehari-hari dengan mudah.

Seperti dilansir dari laman muslim pada Senin (17/2/2020), berikut benda-benda yang ditemukan ilmuwan muslim.

Pesawat Terbang

Abbas Ibn Firnas adalah ilmuwan muslim pertama yang membuat upaya nyata untuk membangun mesin terbang dan berhasil terbang. Pada abad ke 9 dia merancang alat bersayap yang kira-kira menyerupai kostum burung. Dalam persidangannya yang paling terkenal, dekat Cordoba di Spanyol, Firnas terbang ke atas untuk beberapa saat, sebelum jatuh ke tanah dan sebagian mematahkan punggungnya. Desainnya pasti akan menjadi inspirasi bagi seniman dan penemu Italia terkenal Leonardo da Vinci sekitar enam ratus tahun kemudian.

Kamera

Kamera pertama dibuat seorang cendekiawan muslim bernama Abu Ali Al-Hasan Ibn Al-Haytham. Dia merevolusi optik, mengambil subjek dari yang dibahas secara filosofis menjadi sains aktual berdasarkan eksperimen.

Ibn Al-Haytham juga menolak gagasan Yunani bahwa cahaya yang tak terlihat yang memancar dari mata menyebabkan penglihatan, dan sebaliknya dengan tepat menyatakan bahwa penglihatan disebabkan oleh cahaya yang memantulkan suatu objek dan memasuki mata.

Dengan menggunakan ruangan gelap dengan lubang jarum di satu sisi dan kain putih di sisi lain, ia memberikan bukti untuk teorinya. Cahaya masuk melalui lubang dan memproyeksikan gambar terbalik dari benda-benda di luar ruangan pada lembar di seberangnya. Dia menyebut ini “qamara“. Itu adalah kamera obscura pertama di dunia. (Okz)