4 Panduan Islam Dalam Berolah Raga

Eramuslim – Olahraga tidak hanya sekadar menggerakkan tubuh. Selain sehat jasmani, olahraga juga bisa di pergunakan sebagai salah satu sarana beribadah. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seorang Muslim dalam berolahraga.

Yang pertama, meluruskan niat. Hendaknya berolahraga diniatkan untuk mendukung aktivitas ibadah.

Selain itu, olahraga bisa membantu memaksimalkan seseorang untuk dapat memenuhi hak dan kewajibannya terhadap sesama. Niat berolahraga hendaknya bukan hanya bertujuan mencari popularitas atau unjuk kebolehan dengan riya’ dan ujub.

Hadis dari Umar bin Khattab menguatkan pentingnya niat di segala aktivitas yang diperbuat, tak terkecuali saat berolahraga. “Sesungguhnya setiap amal perbuatan bergantung pada niatnya. Dan, sesungguhnya setiap orang (akan di balas) sesuai dengan niatnya. Barang siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barang siapa yang hijrahnya karena urusan dunia yang ingin digapainya atau karena seorang wa nita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya sesuai dengan apa yang diniatkannya itu.

Kedua, sesuaikan cabang olah raga dengan usia. Tidak semua jenis olahraga cocok dan laik bagi segala umur. Adakalanya, olahraga tertentu tidak boleh dilakukan oleh anak-anak. Misalnya, bagi anak kecil tidak tepat menekuni olahraga yang berat, seperti angkat besi atau lari maraton, dan yang sejenisnya. Sama halnya, bagi para orang lanjut usia, tidak dibenarkan me lakukan olahraga yang ekstrem. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya sesuatu yang membahayakan diri nya sendiri dan orang lain. Islam, menolak segala unsur bahaya dan membayakan.