5 Orang Pasukan Penjaga Perdamaian Uni Afrika Tewas Ditembak Milisi Kristen Afrika Tengah

uni afrikaSebanyak 5 orang pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika tewas dalam aksi baku tembak dengan kelompok bersenjata Kristen di dekat ibukota Bangui, Afrika Tengah, pada Rabu (25/12).

Sumber militer mengatakan bahwa “tentara yang sedang berjaga disergap oleh sekelompok milisi Kristen yang dikenal dengan ‘anti – Balaka. Tercatat pasukan Uni Afrika yang tewas terdiri dari seorang komandan regu, seorang prajurit berpangkat letnan dan sisanya prajurit.

Sumber tersebut menambahkan bahwa “mayat prajurit telah dipindahkan ke rumah sakit setempat di ibukota Bangui.’ Pihak pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika berjanji akan menangkap para pelaku.

Disisi lain, sebuah ledakan besar mengguncang Hotel Ledger di ibukota Bangui pada Rabu 25 Desember pukul 19:22 waktu Afrika Tengah, akibat ledakan beberapa petugas dan tamu terjebak di dalam hotel, termasuk beberapa orang wartawan.

Dalam sebuah keterangan saksi mata kepada kantor berita Anatolia Turki mengatakan “sebuah ledakan tiba-tiba mengguncang ibukota Bangui.”

Sedangkan pihak keamanan mengatakan “sampai saat ini pihak berwenang belum mengetahui penyebab ledakan, dan kelompok mana yang bertanggung jawab atas insiden ledakan tersebut.”  (rassd/lndk)