5 Peristiwa Penting Umat Islam di Bulan Rajab (Tamat)

Eramuslim – Memiliki nama lain As Syahru Al Haram, bulan Rajab memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Islam. Terlebih di bulan ini Rasulullah ﷺ melakukan Isra’ Mi’raj, dan menerima perintah shalat 5 waktu.

Lalu peristiwa penting apa saja yang terjadi di bulan Rajab? Berikut ulasannya;

  1. Pembebasan Baitul Maqdis Palestina

Penaklukan Salahuddin al Ayyubi di Alquds terjadi pada tanggal 2 Oktober 1186 Masehi bertepatan dengan 27 Rajab tahun 583 H. Salahuddin berhasil mengalahkan pasukan salib yang menduduki tanah suci selama berpuluh tahun. Atas pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’ala, Salahuddin dan tentara muslim dapat mengambil kembali kota suci Baitul Maqdis.

  1. Berakhirnya Masa Kekhalifahan

Selain peristiwa di atas, pada bulan Rajab semua ke khalifahan dimuka bumi ini berakhir. Tepatnya pada tanggal 28 Rajab tahun 1342 M. Hal ini ditandai dengan jatuh dan berakhirnya pemerintahan Ottaman yang berada di Turki.

Mustafa Kemal Attaturk menjadi tokoh utama yang bertanggung jawab atas sekularisasi di Turki dengan menghapus semua syariah Islam dan mengganti hukum-hukum Islam dengan paham hukum barat. Serta menetapkan paham sekuler pada negara tersebut. (okz/ram)