free hit counters
 

5 Tahun Konflik Di Suriah Dalam Catatan Sejarah (Tamat)

zahid – Jumat, 18 Maret 2016 14:30 WIB

pengungsi Suriah di luar negeriEramuslim – Setelah membahas kerugian materi dan jiwa akibat perang saudara di Suriah yang telah berlangsung sejak bulan Maret tahun 2011 lalu, di bagian akhir dari catatan 5 tahun konflik di Suriah Eramuslim akan membahas info jumlah warga sipil yang kini dalam blokade rezim Syiah Bashar Al Assad.

Berikut catatan tersebut:

1. Sebanyak 480 ribu warga sipil Suriah kini berada dalam pengepungan yang dilakukan tentara rezim Syiah Assad dan sekutunya di berbagai wilayah yang dikuasai kelompok revolusi menurut data yang berhasil PBB.

Akan tetapi jumlah tersebut ditolak oleh organisasi “Siege Watch” yang menyatakan bahwa jumlah sebenarnya warga yang dikepung oleh tentara rezim dan sekutunya mencapai 1 juta orang lebih.

2. Sebanyak 58% rumah sakit dan tempat kesehatan di Suriah telah tutup akibat perang. Sedangkan sisanya ada yang beroperasi penuh dan banyak yang beroperasi sebagian karena keganasan perang di Suriah.

3. 55% jumlah tenaga kerja di bidang kesehatan berhenti akibat menghindari serangan bom yang ditargetkan tentara rezim Syiah Assad dan sekutunya.



4. Diperkirakan lebih dari 1,2 juta anak Suriah kini putus sekolah, dan terancam akan kehilangan 1 generasi emas.

5. Sebanyak 12 negara di dunia yang tergabung dalam koalisi internasional pimpinan AS ikut berpartisipasi dalam serangan udara di Suriah, yaitu Amerika Serikat, Australia, Bahrain, Kanada, Yordania, Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, Perancis, Inggris, Rusia, dan Israel.

6. Sebanyak 25,1 juta ton jumlah total bantuan makanan yang disediakan oleh badan-badan kemanusiaan PBB untuk warga di Suriah dalam lima tahun terakhir.

7. Penyidik PBB menemukan 11 bukti kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang yang ditemukan dalam 5 tahun konflik di Suriah, dan berencana akan dibawa Dewan Keamanan PBB kehadapan Mahkamah Pidana Internasional di Den Haag. (Rassd/Ram)

Berita Terbaru