Sekjen PBB Ban Ki Moon Serukan Pihak Pemerintah Suriah Serius Ikuti Konferensi Geneva 2

ban ki moonSekretaris Jenderal PBB Ban Ki -moon menyerukan semua pihak untuk mengambil langkah serius untuk mendukung keberhasilan Konferensi Geneva 2, yang dijadwalkan pada 22 Januari tahun 2014 mendatang.

Dalam acara konferensi pers di Jenewa pada hari Senin (25/11), Ban mengatakan “saya mengharapkan pihak pemerintah Suriah untuk dapat datang ke Jenewa agar segera dapat mengakhiri perang dan menghentikan kekerasan yang berkepanjangan, serta memungkinkan masuknya bantuan kemanusiaan ke Suriah.”

Selain itu Ban menambahkan “meminta pemerintah Suriah untuk membebaskan para tahanan di dalam penjara Suriah dan menjaga serta membantu dalam proses pemulangan para pengungsi di negara tetangga.”

Sementara itu utusan PBB dan dunia Arab, Lakhdar Brahimi, mengatakan dalam konferensi peres pasca melakukan pertemuan dengan Sekjen PBB  “daftar undangan untuk konvensi Geneva 2 belum ditentukan.”

Menurutnya, Ban Ki Moon menekankan perlunya keberhasilan Konvensi Geneva 2  untuk mengakhiri penderitaan yang disebabkan oleh perang berekpanjangan di Suriah.

Lakhdar menyatakan bahwa konferensi Geneva ke 2 akan berjalan sesuai dengan agenda yang telah dikeluarkan pada konferensi Jeneva ke 1 pada 30 Juni 2012.

Sebelumnya konferensi Geneva 1 telah menyepakati pembentukan pemerintahan transisi yang memiliki kekuasaan eksekutif yang luas, termasuk pembentukan pasukan militer dan badan keamanan negara. (Aljazeera/lndk)