9 Skenario Kiamat Menurut Sains Mutakhir

8. Overpopulasi
Ketakutan akan Bumi yang kelebihan penduduk telah ada sejak abad ke-18, tepatnya ketika ekonom Thomas Malthus meramalkan bahwa pertumbuhan penduduk akan menyebabkan kelaparan massal dan membebani planet ini. Dengan populasi global yang mencapai 7 miliar dan terus bertambah, banyak ahli konservasi berpikir bahwa pertumbuhan populasi adalah salah satu ancaman utama bagi Bumi.

Namun, tidak semua orang setuju dengan pendapat ini. Banyak juga yang berpikir, pertumbuhan populasi akan stabil dalam 50 tahun ke depan, dan umat manusia akan berinovasi untuk mengatasi konsekuensi negatif dari kepadatan penduduk.

9. Efek bola salju
Masing-masing skenario yang telah disebutkan sebelumnya memang bisa terjadi. Namun sebagian besar ilmuwan berpikir efek bola salju dari beberapa peristiwa akan lebih mungkin terjadi. Misalnya, pemanasan global dapat meningkatkan prevalensi patogen sekaligus menyebabkan perubahan iklim yang meluas.

Bisa jadi, runtuhnya ekosistem dapat mempersulit untuk menghasilkan makanan, misalnya karena ketiadaan lebah yang menyerbuki tanaman, atau pohon untuk menyaring air pertanian. Jadi, alih-alih bencana besar yang terjadi secara tunggal, beberapa faktor yang relatif kecil namun berdampak, bisa memperburuk kehidupan di Bumi hingga secara bertahap akan terdegradasi dan hancur. [Detik]