AADA: Ada Apa Dengan Amerika (Bag.I)

Eramuslim – Berbeda dengan dunia abad ke 20, 19 atau abad-abad sebelumnya. Dunia abad 21, seperti yang terlihat gejalanya saat ini, akan berbeda secara kualitatif dan modelnya dengan dunia abad 20.

Jika sebelumnya, penguasaan global dikendalikan oleh sebuah negara adidaya atau dua negara, maka dunia saat ini memiliki multi blok karena kekuasaan emporium barat mulai menurun dikarenakan munculnya kekuatan dunia seperti Rusia, Cina dan India, serta menguatnya kekuatan “regional terbatas” seperti Iran, Turki, Brazil dan Afrika Selatan.

Fenomena multi poros ditandai dengan satu sisi oleh tanpa tatanan, likuiditas dan chaos. Ini yang menciptakan dunia yang tidak stabil, politik dan strategi yang kacau. Sehingga masa depan sulit diprediksi. Apakah status quo saat ini akan memunculkan satu kekuatan dunia baru atau lebih dari satu sehingga akan terbentuk system dunia baru dengan ciri khas multi poros global yang stabil atau semi stabil meski dalam beberapa waktu, atau status quo akan berlangsung terus seperti sekarang yang tanpa tatanan, chaos, instabilitas dan likuiditas hingga waktu yang tidak bisa diprediksi? Barangkali menurut penulis yang terakhir ini menjadi prediksi paling dekat akan terjadi.