Ajak Damai Syiah Assad, Uni Eropa Siap Gelontorkan Uang Kepada Rezim Di Suriah

TOPSHOT - Syrian President Bashar al-Assad gestures during an exclusive interview with AFP in the capital Damascus on February 11, 2016.  / AFP / JOSEPH EID        (Photo credit should read JOSEPH EID/AFP/Getty Images)

Eramuslim – Surat kabar “The Times” Inggris mengungkapkan adanya tawaran Uni Eropa untuk memberikan dukungan keuangan kepada rezim Syiah Bashar al-Assad di Suriah sebagai imbalan atas solusi yang diajukan Eropa untuk mengakhiri krisi yang telah berlangsung selama 5 tahun.

Ada perasaan yang berkembang diantara para pejabat Uni Eropa bahwa tuntutan Barat untuk penggulingan Syiah Assad sudah tidak realistis, selain wacana meminggirkan Amerika sebagai mitra Eropa dalam negosiasi dengan rezim di Suriah.

Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk urusan Luar negeri, Federica Mogherini, telah mengajukan proposal baru mengenai solusi damai di Suriah, termasuk diantaranya bantuan keuangan dan investasi sebagai solusi semua pihak, dalam pertemuan dengan para pemimpin kelompok oposisi Suriah 2 pekan lalu, seperti dilansir The Times.

Seorang sumber oposisi rezim Syiah Assad mengatakan kepada The Times bahwa proposal terbaru Uni Eropa melibatkan transfer kekuasaan ke provinsi-provinsi di Suriah. Melalui rencana ini Uni Eropa ingin menyelesaikan konflik di negara kami.

Sumber tersebut melanjutkan, “Uni Eropa menjanjikan akan ada banyak uang yang akan dikucurkan Uni Eropa jika semua pihak setuju dengan proposal ini, meskipun Uni Eropa belum dapat menjelaskan kepada kami bagaimana proses transisi tersebut.” (Skynewsarabia/Ram)