Akibat Konflik Bersenjata, Pariwisata Suriah Merugi Hingga 1,5 Miliyar Dolar Amerika Serikat

pariwisata suriahMenteri Pariwisata Suriah, Riad Yazigi menyatakan bahwa sektor pariwisata di negaranya telah mengalami kerugian bernilai 300 miliar pound Suriah( $ 1,5 milyar) sejak awal krisis pada bulan Maret 2011 lalu.

Riad Yazigi menambahkan bahwa kerugian ini belum termasuk sejumlah situs warisan dunia yang rusak akibat pertempuran antara Pasukan Pejuang Suriah dengan Tentara Rezim Bashar Al Assad.

Dalam upacara Hari Pariwisata Dunia Yazigi mengatakan bahwa sekitar 289 objek pariwisata rusak karena pertempuran antara dua belah pihak, ia menambahkan bahwa kota Aleppo menjadi kota terparah yang rusak akibat pertempuran.

Media Suriah melaporkan pada awal tahun 2013 bahwa sektor pariwisata Suriah turun 94 % sejak pecahnya krisis. Pariwisata merupakan sektor yang menyumbang  11 % untuk lapangan pekerjaan di Suriah, dan 12% untuk Produk Domestik Bruto (PDB).

Perlu dicatat bahwa sejumlah situs kebudayaan warisan dunia seperti Masjid Umawi, Citadel Aleppo rusak berat akibat serangan udara Suriah beberapa waktu lalu. (Aljazeera/Zhd)