free hit counters
 

Alarm Bahaya, Dua Kapal Induk Cina Kepung Taiwan

Redaksi – Rabu, 27 Muharram 1442 H / 16 September 2020 09:00 WIB

Eramuslim.com – Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) kembali membunyikan alarm bahaya buat Republik China (Taiwan). Dua kapal induk Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) dikerahkan ke sejumlah wilayah dan diprediksi akan mengepung Taiwan.

Dalam berita VIVA Militer 7 September 2020, kapal induk Type 002 Shandong (17) sudah berangkat dari galangan kapal Jiangnan, Shanghai, untuk mengikuti latihan perang selama 20 hari di wilayah Laut Bohai.

Sepekan setelah Shandong berlayar, kapal induk militer China lainnya,Type 001 Liaoning (16) juga meninggalkan pangkalannya di Qingdao, Shandong. Liaoning juga dikerahkan untuk ikut ambil bagian dalam latihan militer China lainnya yang dilaksanakan di Laut Kuning.

Menurut laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari Stars and Stripes, pengerahan dua kapal induk Angkatan Laut China diduga tak hanya untuk mengikuti latihan tempur. Melainkan, sebagai penerapan strategi pengepungan wilayah Taiwan dari dua sisi.

Seorang pakar militer laut China yang berbasis di Beijing, Li Jie, meyakini hal tersebut. Kapal induk Liaoning dan Shandong diturunkan untuk menghadapi tekanan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Armed Forces) di Laut China Selatan dan Selat Taiwan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Terbaru