Alokasi Bansos Jelang Pilpres di Era Jokowi Ruar Biasa!

Eramuslim – Angka penurunan kemiskinan sangat kecil, sehingga akan sulit untuk mencapai target pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR Bidang Ekonomi dan Keuangan, Ecky Awal Mucharam mengatakan, target presentase penduduk miskin turun menjadi 6-8 persen pada akhir tahun 2019.

“Jadi kondisi saat ini masih jauh dari target dan ini bukan sebuah prestasi yang bisa dibanggakan. Terlebih kita melalui DPR juga sudah alokasikan juga anggaran yang sangat besar tetapi pemerintah belum efektif bekerja,” tegasnya menanggapi rilis penurunan kemiskinan BPS yang baru saja dilansir.

Bisa disimpulkan, lanjut Ecky, pemerintah gagal mencapai target penurunan kemiskinan.

Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengumukan persentase penduduk miskin pada September 2018 sebesar 9,66 persen, turun 0,16 persen dibandingkan Maret 2018. Angka tersebut juga turun 0,46 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 10,12 persen.

Jumlah penduduk miskin pada September 2018 sebesar 25,67 juta orang, turun 275,2 ribu orang dibandingkan Maret 2018.

“Tentu dengan lonjakan bantuan sosial yang anggarannya tahun 2018 dinaikkan dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya tentunya pasti menurun. Tetapi ini bukan prestasi yang luar biasa, karena masih jauh dari target,” papar Ecky.