free hit counters
 

Amerika Serikat Kembalikan 2 Tahanan Penjara Guantanamo Ke Arab Saudi

zahid – Selasa, 12 Safar 1435 H / 17 Desember 2013 10:33 WIB

penjara guantanamoDepartemen Pertahanan AS ( Pentagon ) mengumumkan telah memulangkan dua orang tahanan dari penjara Guantanamo, Kuba, ke Arab Saudi, pada hari Senin (16/12).

Pentagon memutuskan untuk meninjau kembali kasus yang melibatkan Saad Mohammed Hussein Al – Qahtani 35 tahun) dan Hamoud Abdullah Hamoud (48 tahun) pada tahun 2009 lalu, dan akan menyerahkannya kepada pemerintahan Arab Saudi.

Utusan khusus Departemen Pertahanan AS untuk urusan penutupan penjara penjara Guantanamo, Paul Lewis, mengucapkan terima kasih atas kesediaan pemerintah Saudi menerima para tahanan sebagai langkah mendukung upaya AS menutup penjara tersebut.



Lewis mengatakan “pemerintah Amerika Serikat telah berkoordinasi dengan pemerintah Arab Saudi untuk memastikan pemindahan kedua tahanan tersebut berjalan lancar, aman dan manusiawi.”

Kantor berita United Press International mengutip sumber pejabat terkait mengatakan bahwa proses pemindahan tersebut adalah secara sukarela dan tidak ada unsur politik atau yang lain.

Sebelumnya dua minggu yang lalu pemerintah AS juga memulangkan 2 orang tahanan asal Aljazair, dan mendapat penolakan dari mereka karena takut disakiti .

Setelah lima tahun janji presiden Amerika Serikat untuk menutup penjara Guantanamo, masih ada 160 tahanan yang sebagian besar dari mereka sudah ditahan selama 12 tahun tanpa adanya sidang pengadilan. (Aljazeera/lndk)

Berita Terbaru