Amien Rais: Tiga Proyek Yang Hina Bangsa Indonesia

Eramuslim.com – Ada tiga mega proyek yang menghina bangsa Indonesia yang betul-betul akan menghancurkan negeri ini. Tiga proyek itu reklamasi Teluk Jakarta, Meikarta, dan kereta Bandung-Jakarta.

Demikian disampaikan oleh Prof Dr HM Amien Rais pada Tabligh Akbar dan Resepsi Milad Muhammadiyah ke-106 di Islamic Center Surabaya, Selasa (20/11/2018).

Amien Rais mengatakan, proyek pertama, reklamasi Teluk Jakarta bisa menghina bangsa ini karena kita sudah punya ribuan pulau-pulau, tapi ada orang-orang makhluk dajjal ekonomi membangun 17 pulau palsu. ”Izinnya belum jelas, digasak tanpa ampun, sekarang mangkrak-semangkraknya padahal biayanya Rp 300 triliun. Modal utamanya dari Cina,” tandasnya.

Kedua, proyek Meikarta. Kata Amien, ada seorang cukong, ada seorang taipan, tokoh bisnis yang punya impian membangun sebuah deretan apartemen. Nilainya Rp 280 triliun. Izin dari pemerintah daerah Jawa Barat maksimal cuma 50 hektare tetapi dia minta sebelas kalinya.

”Kalau ke Jakarta silakan menyusuri jalan protokol ke Bekasi. Nanti bapak-ibu akan marah semarah-marahnya karena melihat dulu hijau, subur, sekarang tanah itu dibalik dengan alat berat sudah kelihatan jeleknya. Sekarang macet karena belum ada izin dari pemerintah daerah,” kata Amien yang pernah menjabat ketua PP Muhammadiyah 1995-1998.