free hit counters
 

Antiklimaks: Mau Nyumbang 2 T, Berujung Keluarga Akidi Tio Tersangka Penipuan

Redaksi – Senin, 22 Zulhijjah 1442 H / 2 Agustus 2021 19:30 WIB

Cacat Data

Seperti yang saya tulis sebelumnya (Baca: Fenomena Akidi Tio & Wartawan Zaman Now) sejak disiarkan pertama kali secara serempak oleh media, berita itu memang mengandung cacat data.

Tidak ada ulasan  profil usaha Akidi Tio yang mendukung sumbangannya yang amat besar. Nama anaknya, nama perusahaanya, tinggal di mana, tidak digali.

Padahal, nominal sumbangan seperti telah ditulis membuat siapapun berdecak kagum. Pengusaha Peter F. Gontha pun takjub.

“Luar biasa. Mungkin baru terjadi pertama kali di dunia. Orang-orang terkaya dunia seperti Jeff Bezos (Amazon), Elon Musk (Tesla) Bill Gates (Microsoft), Warren Buffet pun belum pernah melakukan (menyumbang uang) sebesar itu, kecuali  melalui Yayasan untuk kepentingan Pajak,“ tulis pelopor televisi swasta di Indonesia itu di laman FB nya.

Fenomena Akidi Tio memang bikin banyak orang terharu. Awalnya, tetapi kemudian perasaan haru itu sirna seiring dengan banyaknya temuan kejanggalan. Hingga pada puncaknya hari ini, itu bohong belaka alias “prank”.

Kisah Ratu Markonah

Baru tadi pagi saya menulis, karena mengikuti misteri uang 2 T, wajar kalau memori kembali “memanggil” kisah-kisah “prank” yang pernah terjadi di Indonesia. Sejak zaman Bung Karno hingga Jokowi sebagai Presiden RI ke 7.

Tahun 50 an Bung Karno pernah kena prank menerima Raja Idrus dan Ratu Markonah yang mengaku Suku Anak Dalam Jambi di Istana Negara. Tamu negara itu disambut istimewa. Meriah. Pakai pengalungan bunga segala.

Koordinator pagar bagus dan pagar ayunya Aktor Zainal Abidin dan Aktris Dahlia.



“Zainal Abidin cerita sama saya,” ungkap aktor Anwar Fuady.

Kisah itu dicatat dalam sejarah sebagai peristiwa yang memalukan Proklamator kita. Ternyata, Raja Idrus hanya pengayuh becak tukang becak. Sedangkan Markonah seorang PSK.

Di zaman Pak Harto kasus sejenis dikenal sebagai skandal “Bayi Ajaib”. Kreasi Tjoet Zahara Fonna. Bayi dalam kandungannya bisa bicara dan mengaji. Gegerlah masyarakat se-Indonesia. Wapres Adam Malik pun kena prank itu.

Ternyata “Bayi Ajaib” adalah modus penipuan pertama kali di Tanah Air yang menggunakan perangkat teknologi baru pada masanya. Yaitu tape recorder. Alat itu ditaruh pelaku di perutnya. Ditutup dengan baju hamil yang tebal.

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Analisa Terbaru