Apa Tujuan Cina “Menyebarkan” Virus dari sudut Geopolitik dan Geoekonomi?

Eramuslim.com – Dengan berlatar geopolitik yang pada akhirnya bertujuan keunggulan geoekonomi, maka dari serangkaian fakta dan data dan strategi playing victim yang dimainkan Cina, saya menemukan serangkaian tujuan yang ingin dicapai Cina dengan kasus Coronavirus Wuhan. Apa saja?

  1. Pencapaian target pertumbuhan Cina sebelum coronavirus, dimana otoritas Cina mengatakan akan menurunkan target pertumbuhan ekonominya menjadi 6,1% karena perang dagang AS.
  2. Mencegah bubble ekonomi yang didominasi proyek BRI, MSR, DSR.
  3. Upaya untuk tidak memenuhi kesepakatan dagang terakhir dengan AS.
  4. Dalam teori keterhubungan dan rantai pasokan maka Cina merupakan negara yang terbanyak menjalin hubungan dengan semua negara dunia. Maka akan menjadi analisa lanjutan bagi dalam negeri Cina untuk menerapkan strategi lanjutan geoekonomi. Bagaimana pengaruh Cina di masing masing negara dapat diukur dengan dampak yang terjadi.  Berapa persen penurunan pertumbuhan ekonomi suatu negara bila pertumbuhan ekonomi Cina turun 0.1% atau lebih. Dalam kasus ini saya menemukan pula sebenarnya dampaknya ke Cina lebih kecil dibanding dengan dampak negara dunia yang berhubungan dengan Cina. Ini berarti Cina masih diuntungkan.
  5. Uji coba agen biologi dalam perlombaan penguasaan bioweapon sekaligus penangkal nya. Bioweapon adalah senjata terampuh kedua setelah senjata nuklir.
  6. Merupakan bagian dari upaya pengumpulan DNA masyarakat dunia yang akan menunjang kepentingan sipil dan militer.
  7. Pencitraan sebagai pahlawan (Hero) bagi rakyatnya dan negara dunia.
  8. Pengalihan isu tekanan dunia akan perlakuan China di Hongkong, Taiwan, Tibet dan Uyghur.
  9. Menyingkiran para pesaing globalnya.

Kesemua tujuan diatas akan bisa dijabarkan berdasarkan data dan fakta yang mendukung bisa dengan mudah dirunut bila dilakukan dengan menggunakana pisau analisa yang tajam oleh para pengamat. Bukan yang sudah disuap atau punya kepentingan bersama Cina lho.