Berkaca Soal Skema KEK Bitung dan Cina, Putin Jauh Lebih Pandai

Eramuslim.com –British Geopolitics yang sudah djalankan Inggris sejak abad ke-15 ketika mengkolonisasi kawasan Asia, nampaknya sekarang ditiru oleh pemerintah Cina. Yaitu kuasai wilayah yang suatu negara yang cukup strategis untuk dibangun Bandara dan Pelabuhan. Begitulah cara Cina menghadapi kepungan kehadiran militer Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya dari Darwin, Australia.

Pemerintahan Jokowi-JK nampaknya sadar betul kebutuhan mendesak Cina. Baru-baru ini pemerintah mencanangkan pengembangan pelabuhan existing menjadi pelabuhan Hubungan Internasional Bitung dalam rangka mendorong infrastruktur dan perekonomian Indonesia bagian timur, khususnya di Sulawesi Utara.

Setidaknya begitulah dalih resminya. Namun seperti halnya ketika Cina pada akhir masa pemerintahan Presiden SBY mendesak agar dilibatkan dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)  di Bitung Sulawesi Utara, maka skema Cina tersebut nampaknya akan ditindak-lanjuti pada pemerintahan Jokowi-JK. Hal ini tergambar jelas melalui Survei Investigasi Desain (SID) yang mana survey   diarahkan untuk menguji kelayakan  pembangunan pelabuhan di KEK Bitung.