Bersiap Lockdown Jakarta, Ekonomi Runtuh?

Faktanya adalah jumlah kasus kematian di Wuhan, China terus turun. Keberhasilan pemerintah China melalui total lockdown diakui oleh lembaga internasional seperti WHO. China kini menjadi contoh dunia bagaimana penanganan Covid-19 yang efektif oleh otoritas negara.

Melakukan lockdown atas 57 juta penduduk Provinsi Hubei yang beribukota Wuhan dan 15 kota lainnya adalah contoh modern yang tidak pernah ada sebelumnya. China saat melakukan lockdown diprediksi akan krisis dan pertumbuhan ekonominya akan drastis terjun. Namun ADB dalam publikasinya mengatakan ekonomi china hanya terkoreksi 0,4 persen di Januari hingga Februari 2020.

Ada dua kategori lockdown. Pertama total lockdown, di mana seluruh orang dan barang dibatasi pergerakannya untuk tidak keluar rumah di perimeter wilayah tertentu. Kedua mild lockdown, di mana seluruh aktivitas orang dibatasi (sekolah dan bisnis diliburkan) tapi pergerakannya tetap ada di intra wilayah tersebut (orang tetap pergi ke luar rumah untuk aktivitas tertentu) di dalam perimeter intra wilayah yang ditetapkan.

Kedua kategori tersebut tetap melarang pergerakan orang dan barang di luar perimeter wilayah yang ditetapkan.

Di dunia saat ini ada empat kluster wabah Covid-19, yaitu di Eropa (pusatnya di Italia dan Spanyol), di Asia Timur (pusatnya Korea Selatan dan Jepang), di Timur Tengah (pusatnya di Iran), dan di Amerika Utara (pusatnya Kanada dan AS).

Italia, Korea dan Iran tidak segera membatasi pergerakan orang dan barang sehingga jumlah kasus CV19 tidak terkendali dan kini yang termasuk terparah jumlahnya. Meski dinilai terlambat, Italia, Iran dan Korea Selatan akhirnya menerapkan total lockdown minggu lalu.

Jepang menerapkan mild lockdown artinya sekolah libur, pegawai libur tapi penerbangan dan barang tetap diizinkan masuk meski orang yang masuk tidak diizinkan meninggalkan kota. Minggu ini (15/03) Manila diberitakan akan menerapkan protokol full lockdown.

Di Macau, lockdown artinya bebas penggunaan listrik dan air selama 3 bulan, bebas pajak untuk bisnis, bebas biaya transportasi publik, bebas biaya tol dan bebas tagihan rumah. Buat Macau, biaya lockdown ditanggung pemerintah Macau dan warga diberikan kompensasi yang layak.