Bulan Madu

Perselisihan itu klasik sekali: siapa yang sebenarnya lebih berperan. Khususnya dalam mengakhiri pendudukan asing di Afghanistan. Kelompok Baradar atau kelompok Haqqani.

Tanpa Haqqani Amerika tidak akan kehilangan harapan di Afghanistan. Perlawanan Haqqani di daerah-daerah membuat Amerika realistis: Taliban tidak bisa dilawan.

Tanpa Baradar Amerika tidak menemukan jalan untuk mengakhiri pendudukan itu. Baradarlah yang membuat Amerika percaya: Afghanistan merdeka tidak akan bisa dijadikan sarang teroris internasional.

Maka Amerika pun terus mencari tahu: di mana Baradar. Untuk diajak berunding.

Ternyata Baradar di dalam penjara. Sudah hampir 10 tahun. Di Pakistan. Maka Amerika, di zaman Presiden Donald Trump, menekan Pakistan. Baradar harus dibebaskan.

Baradar punya syarat: 5.000 Taliban yang lagi di penjara juga harus dibebaskan. Amerika pun memenuhi syarat Baradar itu. Sekalian minta pertukaran agar Taliban juga membebaskan tentara Amerika.

Maka dari penjara Pakistan yang miskin, Baradar langsung ke Doha. Ibu kota Qatar itu begitu besar. Begitu modern. Kaya. Makmur.

Di Doha, Baradar harus bertemu juru runding Amerika: Zalmay Khalilzad. Di sebuah villa mewah di kawasan wisata indah di pantai Doha.

Zalmay sangat dipercaya oleh Presiden Trump. Ia kader Partai Republik. Mantan duta besar Amerika di Iraq. Juga di Afghanistan dan di PBB. Ia kelahiran Mazar-i-Sharif, sebuah kota penting di Afghanistan utara.

Meski ia asli ”orang utara” –yang biasanya suku Tajik–  Zalmay dari suku yang sama dengan Baradar: Pastun.

Zalmay ke Amerika sejak SMA. Ikut pertukaran pelajar. Lalu kuliah di Lebanon. Ketemulah mahasiswi asal Amerika di Lebanon. Kawin. Punya dua anak.

Hari itu, di tahun 2018, Baradar berada lebih dulu di salah satu ruang perundingan di villa tersebut. Ketika Zalmay masuk ruang itu Baradar masih berdiri di dekat jendela, memandang ke keindahan di luar villa.

Zalmay pun menyapa Badarar dalam bahasa Pastun: “seperti di surga ya…”.

Baradar langsung menutup tirai jendela itu. Perundingan pun dimulai. Tidak hanya sekali itu. Berbulan-bulan.

Hasilnya: Amerika akan menarik dari dari Afghanistan. Waktunya: Mei 2021. Afghanistan tidak boleh menjadi basis terorisme internasional.