Bulan Madu

Sejak itu Taliban sudah tahu: tidak lama lagi Afghanistan merdeka. Moral Taliban naik. Justru moral pemerintah Afghanistan yang runtuh.

Joe Biden, pengganti Trump, mengundurkan Mei itu menjadi 30 Agustus. (Sengaja saya tulis 30 Agustus, karena Mirza pasti lebih tahu yang sebenarnya adalah 31 Agustus).

Ternyata Biden tetap memercayai Zalmay sebagai juru runding Amerika. Sampai menjelang Agustus 2021 perundingan terus dilakukan. Zalmay terus memegang peran sentral. Termasuk bagian terakhir menjelang kemerdekaan itu.

Inilah hasil perundingan terakhir itu: seminggu terakhir menjelang 30 Agustus, Taliban tidak boleh masuk ibu kota, Kabul. Dalam seminggu itu proses penarikan semua tentara Amerika akan selesai. Aman.

Selama seminggu itu pula tentara Taliban boleh menguasai seluruh Afghanistan, tapi hanya boleh sampai pintu gerbang Kabul. Taliban juga boleh menyerang tentara pemerintah Afghanistan, tapi tidak boleh menembaki tentara Amerika.

Begitulah media di Amerika akhirnya mengungkapkan hari-hari terakhir pendudukan Afghanistan.

Waktu satu minggu itu bisa juga digunakan Taliban untuk negosiasi dengan Presiden Ashraf Ghani: bagaimana tata cara pergantian pemerintahan. Juga bagaimana mengatur Afghanistan ke depan.

Baradar dan Zalmay menyepakati semua itu.