Cara RRC Habisi Produk Lokal Indonesia

Eramuslim.com – Ini adalah tulisan pengamat ekonomi Amri Pilliang di masa Pilpres kemarin, namun masih sangat relevan untuk dibaca kembali agar kita semua tetap ingat dengan bahaya penjajahan ekonomi yang sedang berlangsung di negara ini:

Business Online sedang merajalela, Unicorn sedang hangat dibahas setelah debat Pilpres kedua bergulir. Sayangnya, banyak yang tidak faham dengan dampak berbahaya unicorn, apalagi jika pemerintah masih menutup mata akan kedunguannya.

Seorang warganet tamatan sekolah bisnis di Inggris secara gamblang membongkar rencana China menghancurkan Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia melalui unicorn lokal berbentuk marketplace atau situs jual beli.

Marketplace memilki data transaksi seller, produk mana saja yang laris, dari situ mereka akan mengembangkan produk sendiri. Sudah cukup sering kejadian, produk laris UKM tiba-tiba muncul kloninganya dengan harga lebih murah karena dari luar alias impor.

Yang lebih gila, barang-barang import dari China tersebut dikirim ke Indonesia tanpa ongkir!

Dan hasilnya, 94% barang yang dijual di marketplace sekarang adalah impor. Jangan terlalu lugu mempercayai informasi bahwa marketplace ada untuk menguntungkan UKM (kecuali beberapa)