Catatan Dr. Tony Rosyid: Anies, Magnet Buat Festival Blunder Jokowi

Apalagi, reklamasi yang dibaca publik diback up oleh pusat juga disikat. Keganjilan transaksi Sumber Waras dibongkar kembali. Makin parah luka itu. Semakin marah semakin hilang kontrol. Makin benci, makin tak terkendali. Dari sinilah blunder itu bersumber.

Kedua, formance dan kapasitas konseptual Anies jauh lebih meyakinkan dibanding Jokowi. Terutama ketika dua tokoh ini diadu dalam debat. Anies jauh lebih mampu menarik publik dari pada Jokowi.

Fakta ini menjadi faktor logis mengapa kemudian ada gerakan ulama, ormas dan kalangan akademis secara masif mendorong Anies gantikan Jokowi di 2019.

Selain karena Anies clear and clean. Bebas kasus korupsi. Aman dari sandera siapapun. Anies juga seorang nasionalis yang dekat dengan -dan diterima- semua kalangan, termasuk akademisi dan agamawan. Dan Anies dianggap punya kapasitas cukup untuk kelola negara.

Tak bisa dipungkiri, Anies adalah ancaman nyata buat Jokowi di pilpres 2019i. Tak ada cara lain bagi Jokowi selain menghadang Anies agar tak dapat tiket. Strateginya mesti halus, smart dan hati-hati. Cara-cara kasar, dengan sorakan, hadangan, adu kuat, justru akan jadi blessing buat Anies. Jangan sampai teriakan Istana Bogor justru jadi panggilan kepada Anies untuk mengganti penghuninya di tahun 2019..(kl/teropongsenayan)