Catatan Lieus Sungkharisma: Matinya (Suara) Intelektual

Sampai, orang-orang yang bekerja mati-matian memberantas korupsi akhirnya harus tersingkir dengan stigma buruk dari tempatnya bekerja.

Pembuat fitnah bisa melenggang bebas dan berkoar-koar terus. Apakah kondisi seperti ini yang kita inginkan di Indonesia?

Untuk itu, saya sowan ke PKS ingin belajar dan berbagi kecemasan tentang kondisi demokrasi Indonesia.

Saya percaya di Indonesia masih banyak orang baik yang mampu melihat permasalahan bangsa ini dengan sikap yang adil. Salah satunya di PKS yang banyak kadernya intelektual, lulusan luar negeri dan dalam negeri yang pintar-pintar.

Saya berharap PKS bisa menyuaran suara kebenaran sehingga yang benar memang benar, yang salah tampak salah. Tidak seperti sekarang ini. Yang salah dibenarkan sehingga tampak benar, dan yang benar disalahkan sehingga tampak salah.

Mudah-mudahan setelah ini, muncul para suara pembela kebenaran dari seluruh pelosok negeri yang mampu membungkam suara buzzer yang sudah sangat keterlaluan, bukan lagi sebuah kritik yang membangun.

Dan, saya yakin PKS bersama partai lain bisa menjadi pembawa suara kebenaran walau sekecil apa pun. Semoga fenomena matinya (suara) para intelektual segera berakhir. []

(Penulis: Lieus Sungkharisma, Aktivis dan Tokoh Tionghoa)