Catatan M. Subarkah: Ultra Jahiliyah, Abu Jahal Murakab, dan Serat Gatoloco Modern

Eramuslim.com -Pada Sabtu dini hari lalu, (11/11), di depan masa pengajian ‘Kenduri Cinta’ yang memadati pelataran parkir Taman Ismail Marzuki, Jakarta, budayawan Emha Ainun Najib membuat pernyataan yang menghentak. Di depan masa pengajiannya yang sudah dia gelar selama lebih dari 20 tahun itu, Emha secara terbuka menyindir situasi sosial yang terjadi pada masa sekarang atau yang akrab disebut sebabagi generasi milenial atau generasi ‘zaman now’.

Emha mengungkapkan kemirisan hatinya karena melihat langsung betapa zaman ini sudah begitu ‘gila’ membanalkan nilai dan ajaran yang diyakini kaum Muslim. Di media sosial, asma Allah dan Rasulullah SAW sudah secara terbuka dijadikan bahan pelecehan.

Menurut Emha, di zaman inilah Allah dan Rasulnya secara terbuka dihinakan secara luar biasa. Kedua sosok itu secara vulgar ditulis dan dipublikasikan seraya menyebut alat kelamin dan laku persetubuhan. Perilaku ini tak pernah ada dalam sejarah Indonesia dan Nusantara.

“Dan di zaman inilah Allah dan agama Islam dan umatnya ini tidak dibela. Namun, pada saat ini juga ada orang yang dibela secara luar biasa, tanpa malu tanpa ragu, seolah orang itu adalah mahluk luar biasa dan segala-galanya serta kini telah menjadi sesambahan barunya.,’’ lanjut Emha.

Ironisnya, lanju Emha, bila di zaman jahilyah dahulu ada sosok Abu Lahab yang menjadi penentang utama dakwah Nabi Muhamamd SAW, namun dia tidak pernah melakukan perilaku penghinaan dan penistaan semasif dan sekasar seperti sekarang ini. Maka jelas sekali kini telah lahir sosok Abu Lahab kuadrat (Abu Lahab Murakab, bahasa Arabnya, red).

“Jadi zaman ini memang bisa disebut zaman ultra jahilyah!,’’ kata Emha menandaskan. Bahkan, katanya bisa saja dirinya kini mulai  merasa putus asa dengan Indonesa, tapi pihaknya pada saat yang sama tidak pernah merasa putus asa terhadap pertolongan Allah Swt.