Dahlan Iskan: Tirta Marah

“Sering,” katanya.

Saya memang menghubungi dr Tirta kemarin. Setelah saya puas mengikuti marahnya yang terakhir. Saat saya telepon itu ia lagi setir mobil dalam perjalanan dari Jogja ke Jakarta.

Saya juga terharu mendengar alasan kemarahannya. “Coba, kalau bukan vaksin, apa jalan keluarnya?” tanyanya.

“Saya ini satu tahun hanya bisa bertemu anak saya dua kali. Saya ingin selalu bersama mereka. Gara-gara Covid19 tidak bisa. Kapan Covid selesai? Terutama kalau kalian antivaksin seperti ini?” katanya.

Tirta punya dua anak: umur lima tahun dan dua tahun. Ditinggal di Jogja. Ia sibuk jadi relawan Covid-19. Yang punya jaringan 1.000 orang. Di 27 provinsi. Se-Indonesia.

Istrinya juga dokter. Praktik di Jogja. Kini lagi memperdalam spesialis kebidanan. Seperti bapaknya. Yang juga dokter kandungan. Yang dinasnya di Kota Ngawi.

Tirta, istri, dan mertua sama-sama lulusan Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta. Sang mertua seangkatan dengan dr Terawan. Tapi Tirta tidak sungkan mengkritik Terawan yang menjabat menteri kesehatan (saat itu).

“Toko saya yang di Makassar sampai dirusak,” katanya. “Yang di Solo diobrak-abrik. Tapi tidak ada barang yang hilang,” tambahnya.

Itulah toko jasa sepatu. Yakni jasa cuci sepatu. Termasuk pertama di Indonesia. Kini punya jaringan hampir 100 toko.

Tirta mulai bisnis ketika kuliah di kedokteran. Itu karena orang tuanya tinggal di Solo. Ibunya Tionghoa, ayahnya Jawa. Ayahnya bekerja di sebuah bank BPR di Solo. Di kota itu pula Tirta menyelesaikan SMA-nya: SMA Katolik Regina Pacis.

Seru sekali ketika Tirta marah-marah ke anggota DPR yang menyatakan tidak mau vaksin. Pilih bayar denda. Bersama seluruh keluarganya.

Yang membuat Tirta naik pitam penolakan vaksinasi itu diucapkan sehari sebelum program dimulai. Padahal dulunya justru mereka minta vaksinasi harus begini harus begitu.

Tirta layak marah seperti itu. Ia lulus cumlaude saat jadi dokter. Karena itu ia kelihatan cerdasnya. Misalnya ketika menjelaskan sisi baik vaksin Sinovac yang efikasinya “hanya” 65,3 persen.

“Risiko Sinovac itu hanya 0,1 – 1. Bandingkan dengan Pfizer yang risikonya 1,5 persen. Dan Moderna sampai 4 persen,” katanya.

Memang begitu, katanya. Efikasi itu berbanding lurus dengan risiko. Tirta tampak jengkel dengan orang yang menolak vaksinasi tapi sebenarnya tidak tahu ilmunya.