Anies Dikerjain, Kabel Listrik Bakal Diputus Lagi

eramuslim.com

Penulis: Tony Rosyid

BANJIR di Kalsel salah siapa? Hujan! Banjir di Jakarta? Itu salah Anies!

Begitulah bunyi sebuah meme yang beredar di medsos. Entah siapa yang buat, setidaknya itu ekspresi rakyat untuk mengingatkan logika yang seringkali terbalik.

Ada pihak yang kerjanya menyalahkan Anies. Di otak mereka, tak ada yang bener sedikitpun dengan Anies. Semua keliru!

Mereka menganggap semua penghargaan terhadap Pemprov Jakarta itu hasil gubernur sebelumnya. Tapi, semua masalah yang terjadi di DKI itu salah Anies. Tentu, logika ini tidak fair.

Duh, Anies Dikerjain Lagi!

Ada penghargaan yang ikut andil di dalamnya gubernur-gubernur sebelumnya. Ini tidak dapat disangkal. Tapi, tak semua penghargaan dan kemajuan di Jakarta itu hasil investasi pemimpin terdahulu. Jangan lebay!

WTP dari BPK, tiga penghargaan dari KPK, Top Digital Award 2020, Gubernur Terpopuler, penghargaan sebagai Pembina BUMD yang sukses, pembangunan fasilitas untuk kenyamanan para pejalan kaki dan pengguna sepeda, panorama kawasan Sudirman-Thamrin, penghargaan untuk transparansi dan keterbukaan publik, Jakarta Internasional Studion (JIS), pembangunan Museum Rasulullah, dan banyak lagi yang tidak terhubung sama sekali dengan gubernur-gubernur sebelumnya.

Jadi, kalau bilang Anies tidak bekerja, ini bertentangan dengan banyak fakta adanya berbagai kemajuan dan penghargaan untuk Pemprov DKI Jakarta.

Ruang persepsi publik kita memang sering dirusak oleh mereka yang dibayar untuk tugas itu. Orang menyebut mereka “buzzer rupiah”. Operasi mereka berhasil memprovokasi kelompok-kelompok fanatik yang memang suka dengan hoax yang diolah dengan narasi-narasi pejoratif semacam itu.

Akibatnya, ruang publik kita menjadi tidak rasional. Merusak kecerdasan. Ini semua menyebabkan interaksi dan diskusi publik yang semakin tidak sehat.

Kemenangan Anies di Pilgub DKI 2017 yang disusul dengan penyegelan “project raksasa ratusan triliun” bernama “reklamasi” memposisikan Anies sebagai tokoh yang seksi. Dan lebih seksi lagi ketika Anies punya kans cukup besar untuk maju di Pilpres 2024.