Emak Militan, Veteran Gerakan Mahasiswa

Sungguh, Orde Reformasi hanyalah Orde Baru yang berganti nama. Akibatnya, mereka yang sebelumnya dikenal sebagai aktivis dan juga mahasiswa kritis, harus berakhir ironis dalam sikap pragmatis. Hanya puas dengan euforia perubahan sesaat. Mereka bungkam saat diberi jabatan karena merasa aspirasinya selama ini telah didengar.

Jelaslah, mahasiswa memang betul-betul perlu tungku. Ini tak lain agar bara perubahan yang berperan memanaskan mereka akan senantiasa menyala. Agar bara itu tak mudah tertiup angin yang segar sesaat, yang di balik itu justru membuat idealisme mereka mudah terbeli. Maka, bara itu tak lain adalah mabda (ideologi) Islam. Dan tungku itu adalah institusi pergerakan yang benar.

Dengan kata lain, kita semestinya meyakini bahwa bangkitnya manusia tergantung pada pemikirannya tentang hidup, alam semesta, dan manusia, serta hubungan ketiganya dengan sesuatu yang ada sebelum kehidupan dunia dan yang ada sesudahnya. Agar manusia mampu bangkit harus ada perubahan mendasar dan menyeluruh terhadap pemikiran manusia dewasa ini, untuk kemudian diganti dengan pemikiran lain yang benar sehingga mampu mengantarkan kepada perubahan.

Nah wahai emak, problematika ada di depan mata. Tetaplah menjadi kalangan dengan paradigma pikir yang berani beda sebagaimana ketika kita masih mahasiswa. Memikirkan urusan masyarakat, adalah paradigma mutakhir dalam mewujudkan peradaban cemerlang. Buka mata, bersihkan hati, dan jernihkan pikiran. Ingatlah, perubahan itu hanya bisa ditempuh jika kita memiliki visi yang jelas dan langkah yang benar. Negara ini tegak bukan demi kepentingan penguasa dan pengusaha, melainkan untuk mengakomodasi kehidupan layak bagi penduduknya. Mari terus suarakan agar pengaturan negara ini dikembalikan secara sistemik sebagaimana kehendak Dzat Yang Menciptakannya. Karenanya wahai emak, percayalah bahwa perubahan itu niscaya.[]

Nindira Aryudhani

Koordinator LENTERA [rmol]


AKAN TERBIT… HOLLYWOOD UNDERCOVER, Eramuslim Edisi 3 Revisi. Mengurai gurita rahasia Zionisme dibalik tirai produksi Film2 Hollywood. Akan terbit insyaAllah ditanggal 25 Mei 2019. Harga PreOrder Rp 85.000/eks (belum tmsk ongkir) Pemesanan ke WA/SMS di 085811922988 dengan menyebutkan Nama pemesan, dan alamat kirimnya, agar kami bisa tawarkan. Pesan sgera agar kami catatkan pemesanannya… Wassalamu alaikum wr wb