Erdogan, Islamisasi, dan Sekularisme

Padahal, bila mereka huznuzhon dulu, mereka pasti tahu bahwa politik Islam justru dalam rangka menegakkan tauhid dan menjaga agama itu sendiri.

# Senjata Sekulerisme

Perjuangan melepas belenggu sekulerisme ekstrim dan Islamisasi di Turki bukanlah perkara mudah dan berlangsung mulus, karena setiap upaya merubah sedikit saja kebijakan represif di sana harus berhadapan dengan penjara seperti yang dialami Ulama Fenomenal Turki, Badiuzzaman Said Nursi dan Erdogan Muda. Menghadapi tiang gantungan, seperti dialami Presiden Turki Adnan Menderes, dan mengalami kudeta seperti dialami Partai-partai Islamis macam Refah.

Merenungi hal tersebut, Erdogan muda sekeluarnya dari penjara memutar otak untuk melakukan Islamisasi melalui Kekuasaan, dia mengambil jalan menjadikan sekulerisme sebagai senjata untuk melakukan Islamisasi di Turki, senjata makan tuan bagi sekulerisme itu sendiri. Erdogan menghindari penggunaan jargon-jargon Islam, tapi menggunakan jargon-jargon sekuler, tapi substansi kebijakan ia arahkan pada Islamisasi.