Erdogan: Jakarta Jadi Target Trump Setelah Al-Quds…

Eramuslim.com – 1. KTT OIC (Organisation of Islamic Cooperation atau OKI Organisasi Kerjasama Islam) di Istanbul Rabu kemaren menyisakan catatan menarik.

2. Tentang hasilnya bagi saya sangat positif dan Palestina gak seperti sendirian menghadapi Israel. Wajar, awal didirikannya OIC atau OKI memang untuk mengatasi penistaan Zionis terhadap Al Aqsha.

3. Apalagi setelah KTT berakhir ada kabar Turky dan Libanon akan membuka kantor perwakilan untuk Palestina di AlQuds. Mendengar ini sy semakin optimis. Semoga pak @jokowi ga ketinggalan dan segera membuka kantor perwakilan Indonesia untuk Palestina di AlQuds.

4. Tapi yang juga menarik adalah kecerdikan Erdogan dalam mengelola issue AlQuds dan tampil menjadi pemimpin baru di dunia Islam.

5. Sejak Trump ttd keputusan mengakui AlQuds sebagai Ibu Kota Israel dan memindahkan kedutaan Amerika untuk Israel ke AlQuds, Erdogan adalah presiden negara berpenduduk muslim yang paling lantang menolak.

6. Kita tau kalau Erdogan selama ini termasuk yang paling peduli terhadap issue umat Islam. Tragedi Rohingya adalah salah satu contoh, hanya seakan itu semua belum cukup bagi Erdogan sebagai pembuktian.

7. Bisa dibilang pamor Erdogan masih kalah terang jika dibanding pamor pemimpin Arab khususnya Saudi. Hingga issue AlQuds kemarin muncul. Terlihat Erdogan ga buang-buang waktu dan kesempatan.

8. Statement pertama yang keluar dari Erdogan adalah: keputusan Trump salah dan saya akan kumpulkan negara Islam untuk melawan. Dalam diplomasi bahasa begini keluar biasanya cuma dalam kondisi-kondisi genting.

9. Kalau dilihat lebih dalam, janji Erdogan untuk mengumpulkan negara-negara Islam dan melakukan perlawanan itu risikonya besar. Jika gagal ini akan berdampak pada reputasi Erdogan, apalagi dunia Islam saat ini memang sedang “berantakan”.